7 Tips Memilih Perguruan Tinggi Swasta

Kompas.com - 11/08/2020, 19:00 WIB
Ilustrasi Mahasiswa SHUTTERSTOCKIlustrasi Mahasiswa

KOMPAS.com - Ragam seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), mulai dari SNMPTN, SBMPTN dan sejumlah jalur mandiri PTN sudah terlewati.

Meski masuk PTN menjadi impian sebagian calon mahasiswa, namun daya tampung kampus negeri cukup terbatas. Misalnya saja, untuk SBMPTN hanya sekitar 20 persen yang lolos seleksi.

Namun, jangan dulu patah semangat, sebab kamu masih punya kesempatan untuk kuliah di Perguruan Tinggi Swasta ( PTS).

Merangkum Rencanamu.id, baik PTN dan PTS sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hanya saja, kamu perlu lebih jeli dalam memilih PTS yang berkualitas agar memiliki daya saing tinggi setelah lulus.

Baca juga: Lulusan Prodi Vokasi Ini Hampir 100 Persen Terserap Kerja

Berikut sejumlah tips saat kamu berencana untuk memilih PTS:

1. Akreditasi kampus dan program studi

Sama seperti halnya PTN, setiap PTS dan prodinya juga memiliki akreditasi.

Akreditasi adalah upaya pemerintah untuk menstandarisasi mutu sebuah kampus. Sehingga semakin tinggi akreditasi perguruan tinggi (baik itu PTS atau PTN), maka citra dan lulusannya juga ikut tinggi.

Untuk mengetahui akreditasi kampus atau program studi, kamu bisa cari informasi dari kampus terkait atau melihat data dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) di laman https://www.banpt.or.id/direktori/institusi/pencarian_institusi.php

2. Peringkat kampus

Selain melihat akreditasi, peringkat kampus juga bisa menjadi pertimbangan dalam memilih kampus swasta.

Baca juga: 50 PTN dan PTS Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2020

Saat ini, banyak lembaga–lembaga pemeringkat perguruan tinggi baik nasional maupun internasional yang melakukan pemeringkatan, seperti Kemenristekdikti, Webometrics, QS World University Rankings, THE World University Rankings, 4ICU dan lainya.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X