Arumi Bachsin, Novi "Cherrybelle" dan Chicha Koeswoyo Bicara soal "Online Learning"

Kompas.com - 11/08/2020, 15:43 WIB
Bincang virtual menyambut Dies Natalis ke-16 Temu Public Figur: UT Terdepan Dalam Inovasi Pendidikan Jarak Jauh (11/8/2020). DOK. UTBincang virtual menyambut Dies Natalis ke-16 Temu Public Figur: UT Terdepan Dalam Inovasi Pendidikan Jarak Jauh (11/8/2020).

KOMPAS.com - Covid-19 memberikan pelajaran berharga di mana dalam penyelenggarakan pendidikan secara konvensional atau tatap muka sudah tidak lagi memenuhi harapan.

Terlebih di masa pandemi, penyelenggaran pembelajaran di semua jenjang saat ini "dipaksa" mengintegrasikan teknologi dalam pedagogi belajar guna memutus rantai penyebaran Covid-19.

"Tidak ada pilihan selain menyelenggarakan pendidikan dari jarak jauh," ungkap Rektor Universitas Terbuka ( UT) Prof. Ojat Darojat dalam bincang virtual "Temu Public Figur: UT Terdepan Dalam Inovasi Pendidikan Jarak Jauh" (11/8/2020).

Dalam acara yang menjadi bagian Dies Natalis UT ke-36, Prof. Ojat menyampaikan penyelenggaraan PJJ banyak terjadi salah kaprah, salah urus dan manajemen sehingga berdampak pada peserta didik.

"Banyak keluhan disampaikan oleh siswa, orangtua termasuk guru bahwa PJJ tidak efektif dan membosankan. Persepsi ini terjadi karena salah kaprah, salah pemahaman. Yang mereka lakukan bukan praktik baik PJJ melainkan hanya pembelajaran darurat dari rumah," tegas Prof. Ojat.

Baca juga: Mendikbud: Pembelajaran Tatap Muka Diperbolehkan di Zona Kuning, PJJ Pakai Kurikulum Darurat

Ia mengungkapkan banyak terjadi hanya memindahkan ruang kelas dari offline ke online yang dijembatani layar komputer atau telepon pintar. Hal ini, tambah Prof. Ojat, membuat siswa tidak optimal dalam pencapaian pembelajaran.

Terkait hal ini, UT mengundang beberapa publik figur guna berbagi praktik baik distance learning.

Mereka adalah; Novi Herlina (Prodi S1 Manajemen, UT Bogor), Arumi Bachsin (Prodi S1 PG-PAUD, UT Malang) dan Mirza Riadiani Kesuma (Prodi S1 Ilmu Komunikas, UT Jakarta). 

Novi "Cherrybelle"

Bincang virtual menyambut Dies Natalis ke-36 Temu Public Figur: UT Terdepan Dalam Inovasi Pendidikan Jarak Jauh (11/8/2020).DOK. UT Bincang virtual menyambut Dies Natalis ke-36 Temu Public Figur: UT Terdepan Dalam Inovasi Pendidikan Jarak Jauh (11/8/2020).

Novi yang dulu banyak menghabiskan waktu dalam industri hiburan mengaku kewalahan membagi waktu antara melanjutkan pendidikan tinggi dan merintis karir. "Akhirnya kuliah kurang fokus buat belajar, capek pulang malam habis shooting," ungkap Novi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X