Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/08/2020, 09:27 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Siapa tak kenal Si Juki? Karakter populer dengan jargon antimainstream-nya alias “berani beda” ini sudah merambah ke banyak karya, mulai dari produk komik yang selalu best seller, merchandise, sampai film animasi yang tayang di seluruh bioskop di Indonesia.

Karya-karya terbaru dari karakter komik satu ini selalu ditunggu penggemar setianya.

Tapi, kenalkah kamu dengan sosok Mang Awung?

Kalau kamu liat wajah Mang Awung, kalian pasti ingat pada sesosok macan yang pernah populer di Internet. Macan yang menjaga salah satu markas tentara itu menjadi terkenal karena wajahnya yang tampak ramah.

Tidak hanya di kancah nasional, macan tersebut bahkan go internasional. Dialah, Mang Awung.

Di dunia ini tak ada yang abadi, begitu juga ketenaran. Mang Awung hanya mencicipi ketenaran sesaat. Wajahnya yang ramah dan terus tertawa dianggap membuat citra markas tentara yang ia jaga terlihat tidak berwibawa.

Akhirnya, Mang Awung dipecat dan jadi pengangguran.

Baca juga: Si Pembasmi Iblis Sudah Datang! Demon Slayer, Kimetsu No Yaiba

"Collab" Si Juki dan Mang Awung

Beruntung saat itu Mang Awung sudah berkenalan dengan Si Juki. Juki yang merasa Mang Awung punya potensi besar di dunia entertainment mengajak Mang Awung menjadi aktor komik.

Setelah membujuk Faza Meonk agar mau mengorbitkan Mang Awung, akhirnya Mang Awung diperkenalkan ke publik sebagai aktor komik baru yang akan menemani Si Juki.

Sosok macan berwajah ramah ini mulai menjadi karakter yang sering muncul di komik-komik Si Juki pada 2017. Karakter yang terinspirasi dari Macan Cisewu yang sempat viral ini pertama kali hadir dalam bentuk komik strip di Sosial Media Si Juki.

Setelah mulai dikenal masyarakat, karakter Si Juki dan Mang Awung kemudian tampil bersama dalam serial komik strip yang hadir di situs komik digital Ciayo. Cerita komik Si Juki & Mang Awung berisi tentang persahabatan antara Si Juki dan Mang Awung.

Mang Awung selalu mencoba membantu Si Juki untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapinya. Namun, solusi dari Mang Awung bukannya menyelesaikan masalah, malah membuat masalah Si Juki jadi makin kacau.

Berbeda dengan komik strip yang biasa tampil di sosial media, cerita-cerita di komik Si Juki & Mang Awung ini terkesan lebih berani dan tak jarang membawa lelucon bapak-bapak mengingat karakter Mang Awung sebagai mantan tentara yang usianya cukup tua.

Hal ini membuat komik ini dapat dinikmati oleh pembaca dari berbagai usia.

Serial komik strip Si Juki & Mang Awung tampil di Ciayo selama hampir satu setengah tahun hingga Oktober 2018.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com