Pakar UGM: Ini Kendala Utama Pembelajaran Daring di DIY

Kompas.com - 05/08/2020, 09:47 WIB
Di masa pandemi, dosen dan guru dapat menerapkan blended learning yang mengkombinasikan dari berbagai modus pembelajaran daring, luring dan tatap muka (in-person learning). DOK. TANOTO FOUNDATIONDi masa pandemi, dosen dan guru dapat menerapkan blended learning yang mengkombinasikan dari berbagai modus pembelajaran daring, luring dan tatap muka (in-person learning).
|

KOMPAS.com - Meski dikenal sebagai kota pariwisata dan kota pelajar, namun beberapa wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta ( DIY) masih mengalami kendala mengenai jaringan internet.

Hal itu diungkapkan oleh Pakar Kebijakan Publik Universitas Gadjah Mada ( UGM), Agustinus Subarsono, M.Si., M.A., Ph.D., melalui laman resmi UGM, Selasa (4/8/2020).

Menurut dia, pendidikan jarak jauh secara daring selama pandemi Covid-19 masih menyisakan sejumlah persoalan di masyarakat, termasuk di wilayah DIY.

Baca juga: Seperti Ini Kunci Pembelajaran di Rumah bagi Anak TK

Tentu karena tidak semua pendidik siswa serta orang tua siap dalam pembelajaran daring seperti saat ini.

Ada persoalan disparitas teknologi antar rumah tangga, disparitas jaringan internet antar daerah, serta literasi teknologi guru dan orang tua yang bervariasi juga masih banyak ditemukan.

"Namun kendala yang paling banyak dihadapai dalam pembelajaran daring adalah jaringan internet," ujarnya.

Jaringan internet jadi kendala utama

Semua itu berdasarkan hasil riset awal yang dilakukan dalam mengkaji penyelenggaraan pendidikan menengah di DIY selama masa pandemi Covid-19.

Kajian dilakukan pada 1.304 responden. Meliputi guru, siswa, serta orang tua di tingkat SMP-SMA di 5 Kabupaten/Kota DIY.

Dari survei via google form sejak 25 Juni - 1 Juli 2020 didapatkan bahwa ketidaklancaran jaringan internet menjadi kendala utama dalam penyelenggaraan pendidikan menengah dimasa pandemi Covid-19.

Baik siswa, guru, maupun orang tua mengeluhkan ketidaklancaran jaringan internet jadi kendala utama dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X