Cegah Covid-19 Lewat Udara, Ini Tips Dokter RSA UGM

Kompas.com - 28/07/2020, 13:58 WIB
Ilustrasi masker. Image by Robert Pastryk from Pixabay.Ilustrasi masker.
|

KOMPAS.com - Virus corona atau Covid-19 awalnya dulu menyebar hanya lewat percikan droplet. Atau ketika seorang yang terinfeksi bersin, maka cairan itu bisa menularkan virus corona.

Maka tak heran jika ada anjuran pemerintah untuk selalu memakai masker, rajin cuci tangan dan selalu jaga jarak. Namun yang paling aman ialah tetap tinggal di rumah.

Tetapi, belum lama ini WHO merilis pernyataan terkait potensi virus corona SARS-Cov-2 bersifat airborne atau dapat menyebar melalui udara.

Baca juga: Mengapa Lansia Rentan Tertular Virus Corona? Ini Penjelasan Pakar UGM

Virus ini akan menyebar terutama di ruang tertutup dan minim ventilasi. Hal tersebut menambah kekhawatiran pada sebagian besar masyarakat akan ancaman infeksi Covid-19.

Masyarakat diimbau tidak panik

Untuk menjaga diri agar tidak tertular Covid-19, maka dokter spesialis THT-KL, Rumah Sakit Akademi (RSA) Universitas Gadjah Mada ( UGM), dr. Anton Sony Wibowo, Sp.T.H.T.K.L., M.Sc.,FICS, memberikan tips.

Dokter Anton meminta masyarakat untuk tidak panik, namun tetap meningkatkan kewaspadaan dengan mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

"Tetap jalankan protokol kesehatan, yakni untuk pencegahan ya dengan pakai masker. Selain itu, juga tetap menjaga jarak dan mencuci tangan," ujarnya seperti dikutip dari laman UGM, Selasa (28/7/2020).

Menurut Anton, penyebaran virus corona terjadi melalui percikan droplet. Namun, sejumlah penelitian terbaru menunjukkan adanya penyebaran virus melalui transmisi udara.

Meski begitu, penelitian virus corona melalui udara ini masih terus dikaji sampai benar-benar ada hasilnya.

Hindari ruangan tertutup dan kedap

Dikatakan, penularan lewat udara berarti partikel virus bisa bertahan lebih lama di udara.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X