Jalur Mandiri Universitas Airlangga Dibuka, Bisa Tanpa Nilai UTBK

Kompas.com - 28/07/2020, 08:15 WIB
Universitas Airlangga Dok. UnairUniversitas Airlangga

KOMPAS.com - Universitas Airlangga ( Unair) resmi membuka pendaftaran seleksi masuk Unair melalui jalur mandiri.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua PPMB Unair Achmad Solihin dalam siaran video melalui akun Instagram resmi @univ_airlangga, Senin (27/7/2020).

Jalur mandiri Unair telah dibuka mulai 27 Juli sampai 28 Agustus 2020. Seleksi akan menggunakan nilai tes online Unair yang dilakukan dari rumah masing-masing peserta.

Achmad menjelaskan, untuk pelaksanaan tes, peserta akan diberikan panduan dan aturan sehingga terhindar dari kecurangan.

Baca juga: Pendaftaran KIP Kuliah Jalur Mandiri PTS Dibuka, Ini Link dan Cara Daftar

Sebelumnya, Rektor Unair Prof Nasih mengungkapkan, ada dua kelompok jalur Mandiri Unair yang dibuka, yaitu Mandiri Kemitraan dan Mandiri Reguler.

Jalur Mandiri Reguler tak gunakan nilai UTBK

Mandiri Reguler, lanjut Prof Nasih, ditujukan untuk calon mahasiswa umum termasuk mengakomodir siswa yang karena alasan tertentu tidak dapat mengikuti UTBK.

Sehingga, siswa tetap mendapatkan kesempatan untuk mendaftar ke Unair melalui jalur Mandiri Reguler dengan jadwal tes dan mekanisme pendaftaran sesuai yang ditetapkan oleh PPMB Unair.

Sedangkan Jalur Mandiri Kemitraan, Prof. Nasih menjelaskan, jalur tersebut merupakan jalur yang menggunakan nilai UTBK dan ditujukan untuk mitra Unair.

Baca juga: Jalur Mandiri Universitas Indonesia Dibuka, Ini Syarat dan Cara Daftar

“Mandiri Kemitraan prinsipnya diperuntukkan bagi mitra Unair, baik perusahaan, institusi, atau yayasan, untuk mendaftarkan putra putri dari karyawan mereka,” terang Prof Nasih.

Pada program Mandiri Kemitraan ini, lanjutnya, diharapkan SP3 atau Uang Kuliah Awal (UKA) akan dibayarkan oleh perusahaan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X