Simak Tips Berwirausaha di Tengah Pandemi dari Akademisi UNS

Kompas.com - 24/07/2020, 10:30 WIB
Ilustrasi PexelsIlustrasi
|

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 berdampak di segala bidang. Tak terkecuali di bidang usaha yang dilakukan oleh Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM).

Di tengah pandemi ini, banyak UMKM yang harus berjuang dengan ekstra bahkan ada yang gulung tikar. Salah satu contohnya penjual makanan yang ada di tempat-tempat wisata.

Terkait hal itu, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret ( UNS) Surakarta mengadakan webinar kewirausahaan dengan tajuk membuka usaha di tengah pandemi.

Baca juga: Akademisi UNS: Ini Pertimbangan Sebelum Pilih Beasiswa Berikut Tipsnya

Kegiatan tersebut diikuti oleh sekitar 350 peserta dari berbagai perguruan tinggi melalui aplikasi Zoom Cloud Meetings pada Rabu (22/7/2020).

Salah satu narasumber, R. Kunto Adi, M.P. yang merupakan dosen D-3 Agribisnis Sekolah Vokasi (SV) UNS menyampaikan tips wirausaha yang sedang melakukan kegiatan wirausaha di tengah pandemi.

Ini tipsnya:

1. Jangan mudah menyerah dan harus terus belajar.

2. Jangan merasa paling karena ketika kita merasa paling maka kita tidak akan memiliki niat untuk belajar.

3. Harus berani melakukan perubahan, menciptakan value, memperluas networking, dan kerja cerdas.

Menurutnya, kegiatan wirausaha pada saat new normal dapat dilakukan dengan mengubah bentuk bisnis, misal dari offline menjadi online.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X