Kasus Corona Indonesia Lampaui China, Pakar UGM: Aturan Harus Tegas

Kompas.com - 21/07/2020, 10:24 WIB
Ilustrasi new normal. Orang-orang mulai kembali bekerja di kantor. SHUTTERSTOCK/INTERSTIDIlustrasi new normal. Orang-orang mulai kembali bekerja di kantor.

KOMPAS.com - Berdasarkan data pemerintah Indonesia hingga Sabtu (18/7/2020) pukul 12.00 WIB, diketahui ada 1.752 kasus baru Covid-19 di Indonesia.

Dengan begitu, total kasus infeksi di Indonesia berjumlah 84.882 kasus, terhitung sejak 2 Maret 2020.

Angka tersebut menunjukkan, kasus infeksi virus corona di Indonesia melampaui catatan jumlah infeksi di China pada hari yang sama. Dengan rincian Indonesia 84.882 kasus dan China sebanyak 83.644 kasus per tanggal 18 Juli 2020.

Baca juga: Peneliti IPB Temukan Obat Herbal Penurun Asam Urat

Pakar epidemiologi Universitas Gadjah Mada (UGM) Bayu Satria Wiratama mengatakan ada banyak faktor menjadi penyebab.

Salah satunya, kondisi New Normal atau yang kemudian diralat sebagai adaptasi kebiasaan baru tidak diiringi dengan perilaku disiplin terkait protokol kesehatan oleh masyarakat.

Di sisi lain, ia menilai pemerintah tidak memberikan contoh yang baik dan benar untuk disiplin terhadap protokol kesehatan.

“Kita sering lihat para pejabat, bahkan hingga presiden sekalipun memakai masker dengan tidak benar," terangnya seperti dilansir dari laman UGM, Selasa (21/7/2020).

Padahal, contoh teladan dari para pejabat publik sangat berpengaruh di masyarakat. Bagaimanapun, lanjut Bayu, masyarakat akan selalu mencontoh dan meniru apa yang dilakukan pejabat, artis dan publik figur lainnya.

Baca juga: Pakar IPB soal Virus Corona: Ada Satu Hal yang Misterius

Selain itu, ia menilai pemerintah tidak menjelaskan dengan baik dan benar tentang arti New Normal.

Tidak sedikit dari masyarakat yang ini beranggapan New Normal sebagai kondisi normal seperti kemarin-kemarin.

Halaman:


Sumber ugm.ac.id
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X