Kemendikbud Gandeng Telkomsel Siapkan Paket Internet Murah

Kompas.com - 19/07/2020, 09:58 WIB
Ilustrasi belajar online dari rumah. Dok TelkomselIlustrasi belajar online dari rumah.

KOMPAS.com - Kemendikbud menggandeng PT. Telekomunikasi Seluler ( Telkomsel) menyediakan akses internet terjangkau bagi sivitas akademika dalam rangka mendukung pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) penandatanganan nota kesepahaman tersebut dilakukan secara virtual antara Sekretaris Ditjen Dikti, Paristiyanti Nurwardani dan Senior Vice President Enterprise Telkomsel, Dharma Simorangkir pada Jumat (17/07/2020).

Plt. Dirjen Dikti Nizam menyatakan pihaknya sebelumnya telah melakukan pendataan beberapa portal pembelajaran jarak jauh yang dikelola perguruan tinggi maupun portal Ditjen Dikti yaitu Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan (Spada) Kemendikbud.

Data kemudian disampaikan kepada operator telekomunikasi sehingga akses ke portal-portal tersebut tidak berbayar atau gratis sebagai bentuk dukungan kepada sektor pendidikan pada masa pandemi.

Baca juga: Daftar Paket Internet Murah Telkomsel untuk Dosen dan Mahasiswa

Biaya terjangkau

Nizam mengapresiasi dukungan Telkomsel selama ini yang memberikan paket data terjangkau kepada mahasiswa dan dosen.

Kerja sama antara Kemendikbud dengan PT. Telkomsel diperkuat melalui nota kesepahaman yang ditandatangani hari ini. Khususnya, mengenai kejelasan paket-paket untuk para mahasiswa agar bisa melakukan pembelajaran dari rumah dan harga paket tersebut semakin terjangkau.

“Ini waktunya untuk berbagi di antara perusahaan dengan perguruan tinggi untuk kepentingan pendidikan dan memastikan anak-anak kita semua bisa belajar dengan baik dengan biaya yang terjangkau,” ungkap Nizam.

Dalam kesempatan sama, Sekretaris Ditjen Dikti, Paristiyanti Nurwardani, menyampaikan kerja sama antara Telkomsel dan Kemendikbud ini merupakan salah satu upaya dari Ditjen Dikti agar setiap anak bangsa tetap bisa belajar dengan baik.

“Ini adalah upaya Ditjen Dikti untuk mempermudah anak bangsa di setiap perguruan tinggi untuk tetap dapat mengakses dan menjalankan aktivitas pembelajaran dengan baik,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Sales PT. Telkomsel, Ririn Widaryani, mengungkapkan Telkomsel berkomitmen menjadi pelopor penyedia solusi pembelajaran jarak jauh.

“Tentunya terus berkolaborasi dengan semua pemangku kepentingan juga menjadi komitmen kami yang terus kami jaga dan terus konsisten. Sebelum ada MoU ini kami termasuk operator pertama yang menyediakan solusi pendidikan jarak jauh di awal masa pandemi melalui kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi,” terang Ririn.

Kuota khusus

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X