5 Cara Tumbuhkan Minat Baca Anak Usia Dini

Kompas.com - 18/07/2020, 13:09 WIB
Anak-anak membaca buku di bemo perpustakaan di Jalan Karet Pasar Baru Barat II, Tanah Abang, Jalarta Pusat, Jumat (7/12/2018). Pak Sutino (58) adalah sopir bemo yang merintis bemo tuanya menjadi perpustakaan keliling bagi anak-anak sejak tahun 2013.  Pak Sutino (58) adalah sopir bemo yang merintis bemo tuanya menjadi perpustakaan keliling bagi anak-anak sejak tahun 2013. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGAnak-anak membaca buku di bemo perpustakaan di Jalan Karet Pasar Baru Barat II, Tanah Abang, Jalarta Pusat, Jumat (7/12/2018). Pak Sutino (58) adalah sopir bemo yang merintis bemo tuanya menjadi perpustakaan keliling bagi anak-anak sejak tahun 2013. Pak Sutino (58) adalah sopir bemo yang merintis bemo tuanya menjadi perpustakaan keliling bagi anak-anak sejak tahun 2013.
|

KOMPAS.com - Tantangan orang tua saat ini cukup berat. Selain harus mendidik anak dengan baik, tugas orang tua kini juga mendampingi anak ikut pembelajaran daring.

Namun karena lebih banyak di rumah saat pandemi Covid-19 ini, anak lebih tergoda untuk menonton televisi atau bermain gim, atau main ponsel pintar.

Bagi anak usia dini, jika tidak diajarkan membaca maka anak akan sulit di kemudian hari. Karena itu dibutuhkan cara agar orang tua lebih mudah menumbuhkan minat baca pada anak.

Jika anak suka membaca, maka akan membuat anak lebih kaya perbendaharaan kosakata, memperlancar kemampuan berbicara, dan menambah pengetahuan di luar yang diajarkan orangtua dan lingkungan.

Baca juga: Orangtua, Seperti Ini Pembelajaran Anak Usia Dini di Finlandia

Tak hanya itu saja, membaca juga menambah motivasi, meningkatkan kreativitas dan dengan membaca akan mempengaruhi karakter anak.

Namun sebaliknya, anak-anak yang kesehariannya hanya diisi dengan menonton televisi dan bermain gim, mereka akan berpotensi besar tumbuh menjadi anak yang manja, egois dan individualis.

Namun mengimplementasikan kegiatan positif membaca bukan perkara mudah. Selain anak cenderung lebih suka pada digitalisasi, anak juga tidak bisa dipaksa begitu saja untuk membaca buku.

Melansir laman resmi Sahabat Keluarga Kemendikbud, berikut 5 cara efektif membuat anak usia dini gemar membaca:

1. Sediakan banyak buku bacaan

Bagi orang tua, coba sediakan banyak bahan bacaan berupa buku, majalah, komik, koran dan lain sebagainya yang relevan untuk anak.

Atau buat semacam perpustakan di rumah. Melalui hal tersebut anak telah terbiasa dekat dengan bahan bacaan dan tentunya akan mempermudah anak dalam mengakses bacaan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X