Di Inggris, Siswa PAUD Paling Pertama Tatap Muka Tahun Ajaran Baru

Kompas.com - 17/07/2020, 15:14 WIB
Ilustrasi anak belajar ShutterstockIlustrasi anak belajar

KOMPAS.com - Berbeda dengan Indonesia, pemerintah Inggris menerapkan kebijakan membuka lebih dulu sekolah di tingkat Pendidikan Usia Dini (PAUD), Kelompok Bermain dan TK, serta sekolah dasar.

Selanjutnya barulah jenjang menengah yang akan membuka sekolah.

Hal tersebut disampaikan Mahasiswa Doktoral Education and Management, University of Nottingham, Yohan Rubiyantoro merangkum laman Sahabat Keluarga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud).

Baca juga: Sekolah Libur Tetapi Anak Keluar Rumah? Baca Dulu Anjuran IDAI

"Sama seperti di Indonesia dibuka bertahap, tapi yang diprioritaskan untuk jenjang PAUD dan juga SD pada 1 Juni kemarin,” kata Yohan seperti dirangkum dari laman Sahabat Keluarga Kemendikbud, Jumat (17/7/2020).

Yohan menjelaskan, PAUD dan SD di Inggris didahulukan masuk karena menurut situs https://covid19.who.int/region/euro/country/gb, anak-anak PAUD yang terpapar Covid-19 jauh lebih kecil dibanding usia di atasnya.

"Penularan Covid-19 pada anak usia PAUD itu relatif kecil. Data dari riset secara akumulasi sampai Mei 2020, jumlah anak yang dirawat 214, dibanding keseluruhan (pasien covid-19 di Inggris) 200 ribu, ini jumlahnya sangat kecil," ujar Yuhan.

Baca juga: Kemendikbud Jelaskan Bentuk Pendidikan Karakter selama Belajar di Rumah

Alasan lain, lanjut Yohan, menurut riset semakin lama anak tidak bersekolah, akan menimbulkan kerugian akademik bagi si anak.

Menurut Yohan, hal itu bisa dilihat pada hasil studi dampak jangka panjang PAUD dan dampak sekolah di https://nieer.org.

Alasan lain, lanjut dia, Inggris memandang PAUD sebagai fondasi pendidikan. Pemerintah Inggris percaya jika PAUD dapat menunjang kemampuan anak di masa yang akan datang.

"Berdasarkan fakta riset, mereka yang mengikuti PAUD akan mendapatkan kemungkinan lulus tinggi untuk jenjang sekolah apapun, akan memiliki IQ tinggi, dan pendapatan tinggi di usia 40," ujar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X