Perlukah Daftar PAUD saat Pandemi? Cari Tahu di Kelas Orangtua Berbagi

Kompas.com - 12/07/2020, 14:53 WIB
Ilustrasi TK ShutterstockIlustrasi TK

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 telah mengubah banyak hal dalam dunia pendidikan, khususnya dalam metode pembelajaran dari yang sebelumnya tatap muka menjadi jarak jauh baik daring maupun luring.

Perubahan metode ini tak jarang membuat orangtua yang memiliki anak usia dini, berpikir ulang untuk mendaftarkan anak masuk PAUD (kelompok bermain dan TK).

Pasalnya, orangtua menganggap pembelajaran PAUD hanya efektif bila dilakukan secara tatap muka, sedangkan saat ini lebih banyak daerah yang belum membolehkan membuka sekolah.

Baca juga: Yuk, Koleksi Buku Digital Gratis untuk Anak PAUD dari Kemendikbud

Demi efisiensi biaya, pikiran untuk menangguhkan pendaftaran masuk PAUD pun mencuat. Benarkah keputusan ini?

Demi memberikan jawaban untuk kebimbangan orangtua terkait pilihan ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan Webinar Kelas Orangtua Berbagi bertema Penguatan Peran Orangtua dalam PPDB PAUD.

Webinar yang dilihat sekitar 15 ribu penonton melalui siaran langsung Youtube tersebut menampilkan sejumlah pengalaman orangtua yang telah menyekolahkan anaknya di jenjang PAUD.

Baca juga: Seperti Ini Simulasi Belajar Tatap Muka di Sekolah untuk Zona Hijau

Menurut Ketua Umum Asosiasi Pelatih PAUD Indonesia Dedi Wahyudi mengutip Maria Montessori, bagian terpenting dari kehidupan anak bukanlah di universitas.

Tetapi, periode pertama dari usia 0 sampai 6 tahun, karena selama periode ini seluruh instrumen besar manusia dibentuk, bukan kecerdasan saja tetapi seluruh kecakapan psikis.

Sehingga, pertimbangan untuk masuk PAUD di masa pandemi tetap perlu dipikirkan dengan matang.

Sebagai inspirasi dalam menemukan jawaban "perlukah mendaftar PAUD di tengah pandemi Covid-19", orangtua bisa melihatnya langsung melalui laman Kemendikbud RI https://www.youtube.com/watch?v=7AUwRggftqk 

Baca juga: 23 Sumber Belajar Rekomendasi Kemendikbud Selama Belajar dari Rumah


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X