Mahasiswa, Ini Kebiasaan Baru yang Bisa Dilakukan di Rumah

Kompas.com - 11/07/2020, 16:51 WIB
Ilustrasi berolahraga di rumah, ilustrasi yoga Shutterstock/Orion ProductionIlustrasi berolahraga di rumah, ilustrasi yoga
|

KOMPAS.com - Di masa pandemi Covid-19 ini, semua masyarakat diimbau untuk tetap di rumah saja. Namun ketika masuk pada masa kenormalan baru, semua harus aktif dan tetap menjaga kesehatannya.

Seperti halnya mahasiswa. Meski masih mengikuti pembelajaran daring, tetapi mahasiswa harus tetap produktif.

Jangan sampai karena banyak waktu di rumah, kamu menjadi malas-malasan. Bahkan jangan sampai kamu kalah dengan mahasiswa lainnya.

Baca juga: KIP Kuliah Bantu UKT/SPP bagi Mahasiswa Aktif, Ini Syaratnya

Merangkum akun resmi Instagram Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jumat (10/7/2020), berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan mahasiswa selama di rumah.

1. Ikut webinar

Jika kamu tidak punya kegiatan lain saat di rumah, maka bisa mengisi waktu luang dengan mengikuti webinar-webinar yang disediakan kampus.

Atau ikut webinar sesuai dengan jurusan ilmu yang kamu ambil. Diharapkan kebiasaan baru Ini bisa menambah ilmu dan pengetahuanmu.

2. Latih skill dengan hal baru

Kamu bisa melatih skill dengan mencoba melakukan hal di luar kebiasaan kamu atau hal baru.

Kamu memulai menjalani kebiasaan baru seperti berkebun, memasak, berolahraga, bermusik, dan berbagai aktivitas menyenangkan lainnya.

3. Asah kreativitas

Ketika di rumah, kamu bisa mengasah kreativitas dengan mencoba membuat sesuatu produk kerajinan tangan. Ini dilakukan agar kamu bisa tetap produktif.

Cobalah manfaatkan benda-benda yang ada di rumah atau di sekitar. Tentu ini membutuhkan kreativitas agar kamu bisa membuat suatu produk kerajinan.

4. Ciptakan peluang bisnis

Karena sekarang semua berbasis daring, maka kamu bisa membuka kesempatan bisnis secara daring.

Baca juga: Rektor Unjani: Nilai UTBK Harusnya Bisa untuk Melamar Berbagai Kampus

Selain kamu bisa belajar berbisnis, tentu hal ini dapat menambah penghasilan saat di rumah saja.


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X