Di Masa Pandemi, Orangtua Berperan dalam Pendidikan Karakter Anak

Kompas.com - 06/07/2020, 13:47 WIB
Program pembelajaran daring Sekolah Pribadi Depok ini resmi dilaksanakan pada hari Selasa (17/3/2020). DOK. SEKOLAH PRIBADI DEPOKProgram pembelajaran daring Sekolah Pribadi Depok ini resmi dilaksanakan pada hari Selasa (17/3/2020).
|

KOMPAS.com - Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jawa Barat (Jabar) bekerja sama dengan Jabar Masagi dan Cahaya Guru mengadakan webinar, Sabtu (4/7/2020).

Melansir akun resmi Instagram Disdik Jabar, webinar yang bertema "Menumbuhkan Siswa Tangguh di Masa Pandemi" itu dibuka langsung oleh Kadisdik Jabar, Dedi Supandi.

Dalam webinar itu, salah satu narasumber yakni psikolog anak, Ifa H. Misbach menjelaskan, pada masa pandemi ini, harus ada fleksibilitas pembelajaran untuk menggugah siswa agar tetap semangat belajar.

Baca juga: Kemendikbud Jelaskan Bentuk Pendidikan Karakter selama Belajar di Rumah

"Pendaran cahaya dari screen ( pembelajaran daring) terlalu ekstrem jika dilihat terlalu lama sehingga pembelajaran harus lebih fleksibel," ujarnya.

Pembelajaran berbasis tema

Menurut Kepala SMAN 1 Lembang yang berperan sebagai penanggap, Suhendiana Noor menyatakan, agar pembelajaran di rumah tidak menimbulkan stres bagi siswa karena dibebani banyak tugas, tentu ada caranya.

Yakni satuan pendidikan harus menerapkan pembelajaran berbasis tema dan problem solving. Khususnya pada masa pandemi ini.

Sehingga, dengan satu tema yang sama, semua guru mata pelajaran tetap bisa menilai siswa-siswanya.

"Secara tidak sadar, cara ini bisa membuat anak terampil baik secara lisan maupun tulisan," katanya.

Kemandirian anak harus ditumbuhkan

Shahnaz Haque yang bertindak sebagai penanggap dari kalangan orang tua menuturkan, harus ada peran dominan orang tua dalam mendidik siswa, khususnya pada pendidikan karakter.

Salah satu yang harus dikembangkan adalah kemandirian. "Membuat anak mandiri itu jauh lebih berharga dan bisa menjadi alat untuk berkreativitas," tuturnya.

Baca juga: Tips Menguatkan Karakter Selama Wabah Pandemi Covid-19 dari Dosen IPB

Karena itulah dibutuhkan peran serta orang tua dan guru agar dapat menumbuhkan karakter siswa yang kuat dan tangguh.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X