KILAS

Begini Perjuangan Kepala Sekolah SD Mewujudkan Sekolah Ramah Anak

Kompas.com - 05/07/2020, 07:30 WIB
Nadiem Makarem, Mariance Wila Dida, Nyoman Darta saat peluncuran Merdeka Belajar Episode 5 : Guru Penggerak melalui virtual zoom webinar, Jumat (03/07/2020). Dok. Humas KemendikbudNadiem Makarem, Mariance Wila Dida, Nyoman Darta saat peluncuran Merdeka Belajar Episode 5 : Guru Penggerak melalui virtual zoom webinar, Jumat (03/07/2020).


KOMPAS.com – Kepala SD Negeri 9 Masohi, Maluku Tengah, Mariance Wila Dida mengatakan ada banyak tantangan untuk mewujudkan sekolah ramah anak. Pasalnya tidak semua guru ikhlas melakukannya.

“Dari sekian guru yang ada cuma ada tiga guru yang mau bergerak, tapi saya tetap berjuang dan berkoordinasi dengan para guru lainnya,” katanya, dalam zoom webinar peluncuran "Merdeka Belajar Episode 5 : Guru Penggerak, Jumat (03/07/2020).

Ia mengatakan guru yang tidak mau mewujudkan program tersebut akan diberikan surat tugas untuk mengikuti sosialisasi mengenai sekolah ramah anak.

“Saya juga selalu membangun hubungan guru – guru agar bisa mengedukasikan tentang sekolah ramah anak,” katanya.

Baca juga: Kemendikbud: Pelatihan PembaTIK Level 1 bagi Guru Kembali Dibuka

Selain itu, Mariance juga melakukan upaya lain untuk mewujudkan sekolah ramah anak dengan selalu berkoordinasi ke dinas Pendidikan dan mendatangkan fasilitator.

Menurut dia, adanya sekolah layak atau ramah anak dapat bermanfaat besar bagi kepala sekolah, guru, siswa dan orangtua.

Ia mengungkapkan, manfaat bagi kepala sekolah adalah dapat lebih meningkatkan kesabaran dalam menghadapi siswa, guru dan orangtua yang memiliki berbagai karakter.

“Bagi guru juga tidak terlalu lelah dalam mengajar karena sudah bergeser konsep berpikirnya. Dari yang dulu harus memukul meja, sekarang sudah bisa menyampaikan informasi dengan berpusat kepada siswa,” kata Mariance.

Baca juga: Orangtua, Ini Buku Saku Panduan Tahun Ajaran Baru dari Kemendikbud

Sementara itu, bagi siswa sendiri, menurut dia, menjadi lebih nyaman dan dapat berkomunikasi lebih baik dengan guru.

Oleh karenanya, Mariance pun optimis dapat mewujudkan sekolah layak anak di SDN 9 Masohi dengan niat yang tulus.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X