6 Langkah Bangun Kebanggaan Siswa Baru di Tahun Ajaran Mendatang

Kompas.com - 04/07/2020, 14:43 WIB
Siswa baru kelas satu Sekolah Dasar Negeri Pengadilan berbaris disaksikan para orangtua di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin (15/7/2019). Hari pertama masuk sekolah tahun ajaran 2019-2020 dimulai serentak dan para orang tua siswa hadir mengantar anaknya untuk mengenal lingkungan sekolah serta berinteraksi dengan pihak sekolah dan guru. ANTARA FOTO/ADENG BUSTOMISiswa baru kelas satu Sekolah Dasar Negeri Pengadilan berbaris disaksikan para orangtua di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin (15/7/2019). Hari pertama masuk sekolah tahun ajaran 2019-2020 dimulai serentak dan para orang tua siswa hadir mengantar anaknya untuk mengenal lingkungan sekolah serta berinteraksi dengan pihak sekolah dan guru.

Oleh: Suhriyanto, M.Pd | Kepala SMPN 1 Purwokerto

Kompas.com - Masa penerimaan peserta didik baru ( PPDB) sedang berlangsung, baik untuk jenjang SD, SMP maupun SMA. PPDB sekarang dilaksanakan secara dalam jaringan (Daring).

Sesuai amanat Permendikbud Nomor 44 Tahun 2019 PPDB tahun ini diadakan secara daring, di mana calon peserta didik tidak perlu ke sekolah untuk melakukan pendaftaran. Semua proses pendaftaran dapat dilakukan dari rumah.

Jika masa PPDB telah usai dan calon peserta didik telah resmi menjadi peserta didik maka bagaimana cara peserta didik baru tetap dapat melalui Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah ( MPLS)?

Mereka tetap bisa mengenali sekolah barunya dan tetap bangga dengan sekolah pilihannya walau masih belajar di rumah. Kemudian juga bagaimana sekolah dapat mengenalkan dirinya kepada peserta didik barunya?

Pertanyaan ini perlu dijawab dan ditindaklanjuti segera oleh sekolah.

Enam langkah ini dapat ditempuh sekolah sebagai langkah jitu agar efektif dan sesuai dengan MPLS itu sendiri.

Baca juga: Orangtua, Ini Buku Saku Panduan Tahun Ajaran Baru dari Kemendikbud

1. Merancang program

Kepala sekolah bersama guru merancang program Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) secara Daring. Meliputi materi pengenalan, waktu, media, dan metode yang akan digunakan.

Materi pengenalan setidaknya meliputi pengenalan lingkungan fisik sekolah, pengenalan terhadap pendidik dan tenaga kependidikan, dan kurikulum yang digunakan oleh sekolah.

Tidak kalah pentingnya juga pengenalan terhadap metode pembelajaran selama peserta didik belajar di rumah. Game-game yang menarik dapat dimasukkan dalam proses ini. Bisa online maupun offline.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X