Membangun Keberpihakan pada Sekolah Prasejahtera di Masa Pandemi

Kompas.com - 30/06/2020, 16:01 WIB
Yayasan Pendidikan Astra-Michael D Ruslim (YPA-MDR) menggelar konferensi pers webinar pada Selasa, 30 Juni 2020 terkait pembaharuan informasi pendampingan sekolah-sekolah binaan YPA.

DOK. YPAYayasan Pendidikan Astra-Michael D Ruslim (YPA-MDR) menggelar konferensi pers webinar pada Selasa, 30 Juni 2020 terkait pembaharuan informasi pendampingan sekolah-sekolah binaan YPA.

 

KOMPAS.com - Tantangan sekolah, utamanya di daerah pra sejahtera dan juga 3T (terdepan, tertinggal, terluar) semakin berat selama masa pandemi covid-19. Hal ini perlu mendapatkan perhatian agar sekolah tersebut tidak makin tertinggal memasuki era normal ini di tahun ajaran baru mendatang.

"Di daerah prasejahtera dan 3T, pendidikan tidak sama dengan kota besar," ujar Herawati Prasetyo, Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Astra-Michael D Ruslim (YPA-MDR) dalam webinar yang digelar pada Selasa, 30 Juni 2020.

"Kendala yang umum terjadi adalah tidak tersedia jaringan dan orangtua yang tidak dapat membimbing putra-putri karena keterbatasan (kemampuan) dan waktu," jelas Herawati.

Ia melanjutkan, "Di sekolah-sekolah ini juga banyak ditemukan lokasi siswa yang cukup jauh dari sekolah. Kendala terbesar orangtua bingung, tidak semua punya HP, satu HP digunakan bersama."

Untuk itu, Herawati mengingatkan pentingnya memberikan perhatian secara khusus terhadap sekolah yang berada di daerah prasejahtera, baik dalam peningkatan kualitas pendidikan maupun kualitas guru.

Baca juga: Sambut Tahun Ajaran Baru saat Pandemi, Kemendikbud Luncurkan Seri Webinar

Memiliki potensi

Kristanto, Sekretaris YPA-MDR menyampaikan sekolah-sekolah yang berada di daerah prasejahtera memiliki potensi jika para pemangku kepentingan saling bersinergi memberikan dukungan.

"Kalau sekolah ini diberikan kesempatan sama, harusnya bisa. Dan kami (sudah) buktikan bisa. Sudah hampir 50 persen sekolah binaan Yayasan Pendidikan Astra sudah menjadi sekolah unggul," ungkap Kristanto.

Kristanto menyebut ada sekolah-sekolah dari wilayah prasejahtera ini membuktikan prestasi diajang provinsi maupun nasional, baik secara akademik maupun nonakademik.

Beberapa sekolah binaan Yayasan Pendidikan Astra meraih prestasi Olimpiade Sains Nasional (OSN), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Festival dan Lomba Sains dan Seni Nasional (FLS2N), Olimpiade Guru Nasional, Guru dan Kepala Sekolah Berprestasi serta Inovasi Pembelajaran.

Kristanto menyampaikan, "kriteria unggul yang ingin kita dorong untuk sekolah ini (prasejahtera) adalah terakreditasi A, memperoleh ISO, sekolah hijau, sekolah sehat dan ke depan menyiapkan sekolah unggul berbasis riset."

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X