Ini Perlengkapan yang Harus Dibawa Ketika Tes UTBK-SBMPTN 2020

Kompas.com - 23/06/2020, 10:49 WIB
Salah satu peserta UTBK 2019 Gelombang 1 di Universitas Negeri Yogyakarta (4/5/2019). Dok. Kompas.comSalah satu peserta UTBK 2019 Gelombang 1 di Universitas Negeri Yogyakarta (4/5/2019).

KOMPAS.com - Hingga tutup pendaftaran pada 20 Juni 2020, sejumlah 702.927 calon mahasiswa telah menyelesaikan proses pendaftaran (simpan permanen/cetak kartu) dan siap menghadapi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

"Selamat berjuang kepada 702.927 Siswa yang telah menyelesaikan proses pendaftaran sampai cetak kartu. Persiapkan diri dengan optimal dan jaga kesehatan agar tetap prima. Sampai jumpa pada pelaksanaan UTBK - SBMPTN 2020. Semangat, Calon Mahasiswa Indonesia!" tulis laman Instagram LTMPT, Senin (22/6/2020).

Pelaksanaan tes UTBK 2020 sendiri akan berlangsung kurang dari 1 bulan, yakni pada tanggal 5-12 Juli 2020.

Selain mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian, baiknya persiapkan juga perlengkapan yang harus dibawa saat ujian sedari kini dan disimpan dalam tas khusus agar tak tertinggal saat hari H ujian UTBK 2020.

Baca juga: Mendikbud: Perguruan Tinggi di Semua Zona Dilarang Kuliah Tatap Muka

Merangkum keterangan FAQ Tentang UTBK-SBMPTN di laman resmi LTMPT, Selasa (23/6/2020), berikut perlengkapan yang perlu dibawa saat ujian UTBK 2020:

1. Kartu peserta ujian

Untuk ketentuan cetak kartu, LTMPT menjelaskan bahwa calon mahasiswa bisa mencetak kartu menggunakan kertas HVS beragam ukuran. Lalu, pastikan hasil cetakan jelas, sehingga tulisan dan barcode bisa terbaca.

"Lantas jangan lupa download, simpan, dan cetak kartu pesertanya. Kartu peserta UTBK bisa di-print di kertas HVS dengan ukuran bebas, asal hasilnya terlihat jelas, serta pastikan tulisan dan barcode-nya terbaca," tulis LTMPT beberapa waktu lalu.

Baca juga: Link Contoh Soal TPS UTBK-SBMPTN 2020 dari LTMPT

2. Fotokopi ijazah atau surat lulus

Peserta membawa fotokopi ijazah yang dilegalisasi atau Surat Keterangan Lulus asli bagi siswa lulusan 2020 yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah serta berisi nama siswa, NISN, NPSN sekolah, dan pasfoto siswa terbaru (3 bulan terakhir).

3. Masker

Peserta harus menggunakan masker saat berada di lokasi ujian dan menjaga jarak dengan peserta lain. Peserta juga harus berada dalam kondisi suhu tubuh normal atau sehat saat mengikuti ujian.

Baca juga: Cerita Sukses Andri Lolos SBMPTN UGM, Tanpa Predikat Juara Kelas

Siswa yang tidak memenuhi standar kesehatan tidak diizinkan mengikuti tes dan tidak ada penggantian jadwal ujian di lain waktu.

UTBK SBMPTN 2020Dok. LTMPT UTBK SBMPTN 2020

Halaman:


Sumber LTMPT
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X