Persiapkan Kompetensi Ilmu Data Science untuk Hadapi New Normal

Kompas.com - 20/06/2020, 21:25 WIB
Ilustrasi Data Science DOK. DQLABIlustrasi Data Science

KOMPAS.com - Pengalaman belajar merupakan cara terbaik memperdalam bidang ilmu data science secara maksimal.

Dengan modul dan materi berbasis project yang dapat kamu akses dengan cara belajar online, kamu dapat memperdalam ilmu data science untuk menghadapi penerapan new normal.

Dengan memahami dasar-dasar data science, kamu bisa memiliki gambaran tentang bagaimana penerapan dalam mengolah data di Industri nyata.

DQLab sebagai platform edukasi online berkolaborasi dengan Kevin Stewart, Senior Data Analyst Traveloka, berbagi mengenai profesinya sebagai seorang praktisi data yang menghadapi masa pandemi di era new normal ini, Yuk kita simak bersama!

Menghadapi masa pandemi Covid-19

Dengan adanya masa transisi di masa pandemi ini, pemerintah memutuskan untuk menghadirkan new normal sebagai salah satu keputusan untuk kembali beraktivitas dengan mengikuti protokol yang berlaku.

Baca juga: Ternyata, Belajar Data Science Bisa Lebih Seru dari Matematika!

Pengertian new normal adalah salah satu langkah mempercepat penanganan Covid-19 dalam aspek kesehatan, ekonomi dan sosial.

Pemerintah Indonesia telah mengumumkan rencana mengimplementasikan new normal dengan mempertimbangkan dari kasus yang ada dengan kesiapan dari peraturan regional.

Disrupsi profesi praktisi data 

Dengan peralihan dari bekerja di kantor kini menjadi belajar di rumah tentunya dengan adanya pandemi Covid-19 traffic dan transaksi yang diperoleh tidak sebanyak sebelum adanya wabah ini.

Dengan demikian scope analisa yang menjadi tugas utama seorang praktisi data tentunya berkurang dibandingkan dengan hari normal.

Design market research ataupun experimentation juga semakin terbatas karena tren saat ini merupakan tren yang sangat berbeda dibandingkan sebelum pandemi. Sehingga banyak hal yang harus di-adjust dari segi pekerjaan,” ujar Kevin Stewart, Senior Data Analyst Traveloka.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X