Kompas.com - 20/06/2020, 17:06 WIB
Sawitri diapit kedua orangtuanya usai wisuda di UGM. DOK.Laman UGMSawitri diapit kedua orangtuanya usai wisuda di UGM.
|

KOMPAS.com - Hidup sederhana dan terbatas tak menjadikan kendala bagi mahasiswi yang satu ini. Bagaimana tidak, Sawitri tinggal bersama kedua orangtuanya di hutan yang jauh dari pemukiman warga.

Tapi hutan itu bukan hutan belantara, namun Hutan Wanagama yang berada di Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta.

Meski begitu, rumah yang ditinggali bersama keluarganya itu tidak ada televisi. Sebagai hiburannya, Sawitri membaca buku yang kemudian jadi sebuah hobi.

Baca juga: Kisah Perjuangan Reza, Anak Sopir Lulus ITB IPK 3,98

Anak penjaga hutan wanagama

Ayah Sawitri, Tukiyat (51) menjadi penjaga hutan Wanagama yang dikelola oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Dia bekerja sebagai penjaga hutan sejak tahun 1991.

Melansir laman resmi UGM, diceritakan bahwa Sawitri sudah terbiasa dekat dengan lingkungan hutan. Karena sangat dekat, justru menjadikan media pembelajaran bagi Sawitri.

"Paling anak saya ini main di sekitar hutan atau membaca buku di rumah," ujar Tukiyat seperti dikutip dari laman UGM, Jumat (19/6/2020)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Tukiyat, anaknya sering ditinggal di rumah sendirian karena Tukiyat harus menjalankan tugas yakni menyemai benih di area hutan yang lokasinya agak jauh. Sedangkan istrinya bertugas menjadi koki saat ada tamu yang menginap di wisma Wanagama.

Hafal nama latin jenis pohon

Namun ketika ditinggal di rumah sendirian, Sawitri membaca buku. Selain buku dari sekolah, koleksi buku-buku tentang kehutanan yang ada di perpustakaan Wanagama juga sempat dibacanya.

"Sempat saya larang karena materinya bukan untuk anak SD seusianya," katanya.

Namun siapa sangka, hobi baca buku ini justru mengantarkan Sawitri bisa meraih jenjang akademik tertinggi yakni pendidikan program doktor.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.