Kompas.com - 15/06/2020, 05:10 WIB
|

KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan Webinar.

Webinar bertema "Kesiapan dan Adaptasi Kepemimpinan dan Manajemen Sekolah Menyongsong ‘New Normal’ Pendidikan" menghadirkan narasumber Dirjen GTK Iwan Syahril.

Menariknya, ada salah satu peserta webinar bertanya bahwa saat ini guru perlu suatu panduan sederhana untuk melakukan asesmen sekaligus agar kurikulum tetap berjalan di saat sekolah melaksanakan kenormalan baru.

Baca juga: Kemendikbud: Kesehatan dan Keselamatan Warga Sekolah Tetap Prioritas

Penanya itu juga membahas tentang Merdeka Belajar yang saat ini menjadi perbincangan di Sumatera Barat.

Guru lebih paham siswanya

Iwan Syahril memberikan tanggapan pada penanya itu bahwa saat ini yang paling tahu keadaan siswanya adalah guru dan tenaga kependidikan di sekolah.

Karenanya, Kemendikbud akan mengeluarkan panduan umum terkait kenormalan baru (new Normal) untuk dunia pendidikan.

Hanya saja itu sebagai panduan umum, karena Pemerintah Pusat yang dalam hal ini Kemendikbud tidak tahu pasti bagaimana kondisi siswa di daerah.

"Segera ada pengumuman panduan, namun itu berupa panduan umum. Yang paling tahu siswanya adalah guru dan sekolah," ujar Iwan seperti dikutip dari laman resmi Ditjen GTK, Sabtu (13/6/2020).

Dijelaskan, panduan yang akan diberikan bersifat umum saja, terkait protokol kesehatan dan berbagai hal umum di era New Normal.

Namun sebagai catatan, yang terpenting adalah apa yang terbaik untuk murid, itu merupakan pedoman guru dan sekolah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.