Farmasi SV UNS Kembangkan Suplemen Penunjang Imun dengan Bahan Alami

Kompas.com - 14/06/2020, 15:21 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|

KOMPAS.com - Hingga kini, masyarakat masih diimbau untuk tetap berada di rumah. Jika tidak ada hal-hal penting, maka berada di rumah adalah upaya terbaik agar jauh dari virus corona.

Hanya saja, banyak masyarakat yang setiap hari harus ke luar rumah untuk bekerja atau beraktivitas lain yang tak bisa dilakukan dari rumah.

Untuk itu, daya tahan tubuh penting dijaga dan ditingkatkan. Selain mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, jika perlu seseorang mengonsumsi sumplemen penunjang imun tubuh.

Baca juga: Ahli Paru UNS Beri Rekomendasi terkait Gejala Covid-19 Kini Bervariasi

Dengan bahan spirulina platensis

Terkait hal itu, Program Studi (Prodi) Farmasi Sekolah Vokasi (SV) Universitas Sebelas Maret ( UNS) Surakarta sedang mengembangkan produk suplemen penunjang imun tubuh dari bahan pangan Spirulina platensis.

Kepala Program Studi D3 Farmasi SV UNS, Anif Nur Artanti, S.Farm., M.Sc., Apt menjelaskan, pirulina platensis dipilih karena kandungan fitonutrien atau senyawa alaminya yang lengkap.

Di sisi lain, spirulina platensis juga dapat menaikkan aktivasi sel makrofag dan produksi sitokin serta menstimulasi antibodi yang efektif untuk meningkatkan respons imun.

Menurut Anif, hal ini sangat sesuai dengan kondisi saat ini yakni pandemi Covid-19. Di mana tubuh harus mengonsumsi makanan yang mampu meningkatkan dan menyeimbangkan imunitas.

Karena penyakit akibat infeksi virus umumnya menyerang tubuh pada kondisi lelah, stres, maupun dengan pola makan kurang teratur.

"Maka spirulina platensis ini sangat baik bagi tubuh sebagai makanan super," ujar Anif seperti dikutip dari laman resmi UNS, Jumat (12/6/2020).

Dikatakan, spirulina platensis mengandung:

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X