Kompas.com - 13/06/2020, 12:50 WIB

KOMPAS.com – Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia K.H. Ma’ruf Amin memimpin rapat terkait dengan protokol kesehatan dengan beberapa Kementrian Kabinet Indonesia Maju pada (10/06/2020) terkait transisi memasuki tatanan normal baru (new normal).

Pada sektor pendidikan, terutama yang menerapkan sistem asrama telah memulai kegiatan pembelajaran. Oleh sebab itu, pemerintah memastikan bahwa sekolah-sekolah berasrama telah siap beraktivitas dan benar-benar aman dari Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin ketika memimpin rapat terkait penerapan protokol kesehatan di sekolah berasrama melalui video conference di Kediaman dinas Wapres,dikutip dari laman wapresri (10/06/2020).

Baca juga: Wapres Ingatkan Pendidikan Berbasis Agama Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Penanganan khusus

Wapres K.H. Ma’ruf Amin menerangkan bahwa pendidikan dengan sistem asrama memiliki karakteristik yang berbeda dengan sistem non asrama, sehingga penanganannya pun berbeda.

“Saya harapkan pembahasannya tidak melebar kepada masalah kualitas pendidikan, tidak juga membahas soal ekonomi, tetapi benar-benar aman Covid-19,” kata Wapres.

Oleh sebab itu, Wapres menegaskan, keamanan sekolah berasrama dapat terjamin sepanjang langkah-langkah pencegahan penyebaran Covid-19 dilaksanakan dengan baik.

Langkah-langkah tersebut meliputi penyediaan rapid test masal, penyiapan sanitasi dan air bersih, pengaturan physical distancing dan sterilisasi tempat.

“Harus kita siapkan supaya keadaan aman Covid-19 atau pendekatan kesehatan menjadi lebih bisa dijamin,” ujar Ma’ruf Amin.

Bantuan bertahap sesuai urgensi

Wapres berpesan agar bantuan kepada sekolah berasrama ini dapat dilakukan secara bertahap sesuai dengan urgensinya.

“Hal-hal yang harus segera dieksekusi barangkali memang juga harus disiapkan, walaupun mungkin tidak semua, tetapi mungkin tahapan saja,” ungkap Wapres.

Usai arahan Wapres, acara dilanjutkan dengan paparan teknis dari peserta rapat terkait mekanisme bantuan dari kementerian dan lembaga untuk memastikan lingkungan sekolah berasrama bebas Covid-19.

Hadir dalam rapat virtual ini Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Agama Fachrul Razi, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

Selain itu hadir juga Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate dan Kepala Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.