Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Tahun Ajaran Baru, "Ocean" Berikan Kelas Persiapan Gratis untuk Siswa

Kompas.com - 13/06/2020, 12:19 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Pascalibur sekolah, para siswa akan kembali melakukan aktivitas belajar. Kemendikbud telah memutuskan tahun ajaran baru 2020/2021 akan dimulai pada 13 Juli 2020.

“Tanggal 13 Juli adalah tahun pelajaran baru, tetapi bukan berarti kegiatan belajar mengajar tatap muka. Metode belajar akan tergantung perkembangan kondisi daerah masing-masing,” jelas Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Dasar, dan Menengah (Plt. Dirjen PAUD Dasmen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Hamid Muhammad.

“Dengan dimulainya PPDB ini sebenarnya sudah jelas bahwa kami tidak memundurkan kalender pendidikan ke bulan Januari. Kenapa tidak memundurkan? Karena kalau memundurkan maka akan ada konsekuensi yang harus kita sinkronkan,” ungkap Hamid.

“Kelulusan siswa SMA dan SMP sudah diumumkan, sebentar lagi akan diumumkan untuk kelulusan siswa SD. Artinya kalau sudah lulus kemudian diperpanjang, anak yang lulus ini mau dikemanakan? Termasuk juga perguruan tinggi juga sudah melakukan seleksi,” jelas Hamid.

Baca juga: Panduan Lengkap Daftar Sekolah Kedinasan Tahun Ajaran 2020/2021

 

Persiapan tahun ajaran baru

Terkait pembukaan tahun ajaran baru, dalam rangka mempersiapkan siswa memasuki masa transisi, Bimbel (Bimbingan Belajar) Ocean Education menggagas program persiapan belajar gratis sebelum masuk sekolah.

Program yang ditujukan bagi siswa SMP dan SMA ini akan dilakukan selama 2 (dua) pekan guna membantu siswa mengisi waktu setelah ujian akhir dan memasuki jenjang kelas baru di masa pademi ini.

Program bertajuk “Free Preparation Class Online” ini dilakukan secara daring dan akan membantu siswa dalam pengenalan pembelajaran online, aplikasi, tools, dan cara berinteraksi sehingga terbiasa dan mahir dalam belajar.

Program ini sekaligus memberi bekal kepada siswa mengenai pelajaran di jenjang kelas yang baru sekaligus memberikan trik dan triks dalam menyelesaikan soal.

Adaptasi pembelajaran daring

 

Selanjutnya, akan diberikan pula evaluasi belajar melalui quiz setelah selesai pelajaran. Program diharapkan dapat membantu siswa yang megalami kesulitan mengakses pendidikan secara daring di masa pandemi.

Program akan berlangsung melalui aplikasi Zoom mulai tanggal 22 Juni – 4 Juli 2020. Materi pelajaran untuk tingkat SMP terdiri atas: Matematika, Fisika, Biologi dan Bahasa Inggris. Untuk tingkat SMA siswa mendapatkan materi Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, dan Bahasa Inggris.

Dengan program ini diharapkan siswa mampu beradaptasi dengan metode pembelajaran online sehingga siswa tetap tidak terhambat dalam proses kegiatan belajar mengajar. 

Pendaftaran program dimulai 6-19 Juni 2020 melalui tautan https://bit.ly/joinocean

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com