Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Lengkap Daftar Sekolah Kedinasan Tahun Ajaran 2020/2021

Kompas.com - 13/06/2020, 09:29 WIB
Irfan Kamil,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.comSekolah kedinasan untuk taruna, praja maupun mahasiswa tahun ajaran 2020/2021 telah di buka sejak 8 Juni 2020 dan akan ditutup 23 Juni 2020 mendatang pukul 23.59 WIB.

Informasi ini disampaikan melalui Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) dengan nomor B/435/M.SM.01.00/2020.

Bagi kamu yang akan melamar dapat mengakses melalui laman dikdin.bkn.go.id untuk mendaftarkan diri sebagai calon peserta seleksi. Berikut adalah alur untuk pendaftaran sekolah kedinasan tahun ajaran 2020/2021:

Pendaftaran

Berdasarkan petunjuk pendaftaran Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) Sekolah Kedinasan tahun 2020 Badan Kepegawaian Negara (BKN)

1. Membuat akun

Langkah awal untuk mendaftar yakni membuat akun SSCN Sekolah Kedinasan tahun 2020. Lalu, peserta mencetak informasi akun.

2. Log In

Setelah itu, pelamar melakukan log in menggunakan NIK dan password yang didaftarkan.

3. Unggah dokumen

Kemudian langkah selanjutnya adalah mengunggah atau upload swafoto, melengkapi biodata, memilih sekolah kedinasan, melengkapi nilai, dan upload dokumen persyaratan.

Baca juga: IPDN Jadi Sekolah Kedinasan Paling Diincar, Ini Syarat dan Cara Daftar

Langkah melengkapi data ini dilakukan di laman sekolah kedinasan, bagi sekolah kedinasan yang mewajibkan sesuai pengumuman.

Daftar sekolah kedinasan

Adapun sekolah kedinasan yang membuka pendaftaran antara lain:

  1. Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN),
  2. Politeknik Statistika (STIS),
  3. Politeknik Ilmu Permasyarakatan (Poltekip),
  4. Politeknik Ilmu Imigrasi (Poltekim),
  5. Sekolah Tinggi Intelejen Negara (STIN)
  6. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN),
  7. Sekolah Kedinasan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Masing-masing sekolah tersebut pun memiliki persyaratan umum dan khusus yang berbeda-beda. Setelah melalui langkah tersebut, pelamar mengecek resume dan cetak kartu pendaftaran SSCN Sekolah Kedinasan tahun 2020.

Pembayaran

Selanjutnya, pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan mendapatkan kode pembayaran untuk mengikuti ujian.

Informasi tata cara pembayaran disediakan di masing-masing situs sekolah kedinasan. Setelah membayar, pelamar dapat mengunduh atau download kartu ujian.

Tautan informasi

Bagi pelamar yang memerlukan informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran sekolah kedinasan dapat menghubungi layanan helpdesk daring dari BKN melalui laman helpdesk.bkn.go.id/dikdin/home.

BKN juga menyediakan informasi seputar pendaftaran sekolah kedinasan melalui akses helpdesk.bkn.go.id/dikdin/faq.

Sedangkan detail persyaratan, prosedur, dokumen, lokasi seleksi, serta informasi penting lainnya terkait pendaftaran dari masing-masing sekolah kedinasan dapat diakses pada laman dikdin.bkn.go.id/informasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com