Memperkuat Dimensi Pedagogis dalam Pembelajaran Daring

Kompas.com - 10/06/2020, 15:59 WIB
Guru Sekolah Cikal berperan untuk memberikan masukan dan tanggapan melalui konferensi yang dilakukan secara individual alias satu per satu. Dok. Sekolah CikalGuru Sekolah Cikal berperan untuk memberikan masukan dan tanggapan melalui konferensi yang dilakukan secara individual alias satu per satu.

KOMPAS.com - Di tengah pandemi Covid-19, belajar dari rumah menjadi keniscayaan. Peran teknologi dalam pembelajaran menjadi sangat signifikan mulai dari penggunaan teknologi sederhana, sampai teknologi pembelajaran dalam bentuk LMS (Learning Management System).

Pertanyaannya, bagaimana peran aspek pedagogis dalam pembelajaran daring melalui teknologi?

Dalam kegiatan belajar mengajar, ada tiga unsur yang saling berinteraksi, yakni guru, murid, dan materi. Ketiga unsur ini akan muncul tiga hubungan saling terkait.

Pertama, hubungan guru dengan murid, disebut dengan "hubungan pedagogis". Kedua, hubungan antara murid dengan materi, disebut dengan Hubungan Didaktis. Terakhir, hubungan antara guru dengan materi, disebut dengan Antisipasi Didaktis Pedagogis (Suryadi, 2010).

Hubungan Didaktis antara murid dengan materi dalam pembelajaran daring sangat dipengaruhi oleh teknologi.

Baca juga: Muhadjir: Pesantren dan Pendidikan Agama Wajib Dapat Perhatian di New Normal

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Membangun hubungan dikdatis

Ketika guru menyiapkan situasi didaktis (situasi belajar), pada awal kegiatan belajar melalui teknologi, guru perlu mengantisipasi respon murid terhadap situasi belajar tersebut (Antisipasi Didaktis Pedagogis).

Sebagai respon dari situasi belajar (materi/teknologi) tersebut, murid akan melakukan aksi (Hubungan Didaktis).

Dari aksi yang dilakukan murid, guru akan merespon dalam bentuk aksi berikutnya, sehingga menciptakan situasi belajar yang baru, dan begitu seterusnya hingga terjadi proses belajar yang dinamis.

Agar respon murid tidak keluar dari tujuan pembelajaran, guru akan melakukan tindakan pedagogis untuk membimbing murid (Hubungan Pedagogis). Tentu saja, dalam masa belajar di rumah, semua kegiatan tadi akan berlangsung melalui sarana teknologi.

Untuk menggambarkan situasi di atas, simaklah ilustrasi berikut. Guru menyiapkan suatu program komputer/aplikasi untuk pembelajaran penjumlahan bilangan bulat positif dan negatif.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X