Sejumlah Daerah Keberatan jadi Tempat Penyelenggaraan UTBK-SBMPTN 2020

Kompas.com - 10/06/2020, 10:11 WIB
UTBK-SBMPTN 2020 KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoUTBK-SBMPTN 2020

KOMPAS.com - Sejumlah daerah di Indonesia menyatakan keberatan menjadi tempat penyelenggara Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SNMPTN) 2020.

Pernyataan keberatan dilayangkan oleh pemimpin daerah setempat melalui rektor perguruan tinggi negeri (PTN).

Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI), Jamal Wiwoho mengatakan sejumlah rektor PTN telah dihubungi oleh gubernur dan walikota setempat dan menunjukkan indikasi kurang setuju.

Jamal menyebutkan keberatan dilayangkan karena pertimbangan penyebaran wabah pandemi Covid-19 saat penyelenggaraan UTBK- SBMPTN 2020.

"Kondisi di daerah kita ini ada yang keras dengan mobilitas penduduk, ada juga yang boleh. Karena Covid-19 ga boleh berkerumun. Daerah yang keberatan ketika ada mobilitas (manusia) saat UTBK," kata Jamal saat dihubungi Kompas.com, Selasa (9/6).

Ia memprediksi ada sekitar 1 juta peserta UTBK 2020 yang akan tersebar di kampus-kampus di seluruh Indonesia. Jamal menyebutkan, ada sejumlah daerah juga yang masih ingin melanjutkan rencana kegiatan UTBK 2020 di tengah pandemi Covid-19.

"Persiapan yang baik yang memiliki risiko itu yang jadi pertimbangan. Risiko penularan dan penyebaran Covid-19. Ada daerah yang keberatan, ada yang siap untuk jadi tempat penyelenggara UTBK. Masih jadi polemik," kata Jamal.

Dalam penyelenggaraan UTBK-SBMPTN 2020 nantinya pada 10 Juli 2020 akan ada empat sesi dalam satu hari. Ia membayangkan rumitnya penyelenggaraan UTBK-SBMPTN 2020.

"Bayangkan ada komputer ada 40 dalam satu ruangan. Sekarang hanya 20 komputer. Tim ruangan harus sediakan protokol kesehatan. Karena saat Covid-19 itu tak boleh berkerumun,"  ujar Jamal.

Baca juga: Update 9 Juni, 493.440 Siswa akan Tempuh UTBK-SBMPTN 2020

Jamal tak merinci daerah-daerah mana saja yang menyatakan tak siap untuk menjadi penyelenggara UTBK 2020. Meskipun demikian, perguruan tinggi negeri di Indonesia secara rata-rata menyatakan kesiapan untuk menjadi tempat penyelenggara UTBK 2020.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X