Pendaftaran Politeknik Statistika STIS 2020, Bebas Biaya Kuliah dan Jadi Calon ASN

Kompas.com - 08/06/2020, 15:30 WIB
Tangkapan layar info PMB Polstatstis Angkatan 62. DOK.Instagram PolstatstisTangkapan layar info PMB Polstatstis Angkatan 62.

KOMPAS.com - Politeknik Statistika STIS menjadi salah satu Sekolah Kedinasan yang membuka pendaftaran mulai hari ini, Senin 8 Juni 2020, hingga 23 Juni 2020.

Berdasarkan Surat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) tentang Persetujuan Prinsip Tambahan Kebutuhan CPNS dari Siswa/Siswi Politeknik Statistika STIS Tahun Ajaran 2020, maka Politeknik Statistika STIS di bawah Badan Pusat Statistik (BPS) membuka pendaftaran mahasiswa baru 2020/2021.

Dijelaskan pula dalam Pengumuman Kepala BPS Nomor: B-072/STIS/2700/05/2020 tentang Penerimaan Calon Mahasiswa Baru Status Ikatan Dinas Politeknik Statistika STIS Tahun Ajaran 2020/2021, STIS akan menerima 600 mahasiswa baru berstatus ikatan dinas.

Baca juga: 6 PTN Indonesia Masuk Daftar Kampus Terbaik Asia 2020 Versi THE

Rincian 600 mahasiswa baru TA 2020/2021 berstatus ikatan dinas terbagi atas:

  • Program Studi Statistika Program Diploma III: 150 mahasiswa
  • Program Studi Statistika Program Diploma IV: 300 mahasiswa
  • Program Studi Komputasi Statistik Program Diploma IV: 150 mahasiswa

Cakupan

1. Selama masa pendidikan, mahasiswa dibebaskan dari biaya pendidikan, namun tak termasuk uang saku.

2. Lulusan akan diangkat sebagai calon Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan ketentuan:

  • Lulusan Program Diploma III akan diangkat sebagai calon ASN golongan II/c dan akan ditugaskan di Badan Pusat Statistik (BPS) di seluruh wilayah Indonesia.
  • Lulusan Program Diploma IV akan diangkat sebagai calon ASN golongan III/a dan akan ditugaskan di Badan Pusat Statistik (BPS)/ Kementerian/ Lembaga/ Instansi lainnya di seluruh wilayah Indonesia.

Baca juga: Pendaftaran IPDN 2020 Dibuka Senin 8 Juni, Ini Syarat dan Cara Daftar

3. Calon peserta dikenakan biaya seleksi sebesar Rp 300.000 (tiga ratus ribu rupiah). Biaya tersebut sudah termasuk biaya SKD.

Persyaratan Ikatan Dinas

Untuk dapat mengikuti seleksi PMB Politeknik Statistika STIS, peserta memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:

Persyaratan Umum:

  1. Sehat jasmani dan rohani (dapat atau layak bekerja dan beraktivitas, baik di dalam ruangan maupun di lapangan), dan bebas narkoba.
  2. Tidak buta warna (baik total maupun parsial), untuk pengguna kacamata/lensa kontak minus (rabun jauh) dan/atau plus (rabun dekat) dapat diberikan toleransi di bawah ukuran 6 dioptri.
  3. Lulusan SMA/MA Peminatan MIPA/IPS (Semua Program Studi) dan SMK/MAK Peminatan Teknik Komputer dan Informatika (untuk Program Studi Komputasi Statistik Program Diploma IV).
  4. Nilai Matematika (Kelompok A/Umum) dan Bahasa Inggris minimal 80,00 (skala 1-100) atau 3,20 (skala 1-4,00) pada Ijazah atau Surat Keterangan Lulus/Surat Keterangan Hasil Ujian Sementara (bagi yang belum mempunyai ijazah).
  5. Umur minimal 16 tahun dan maksimal 22 tahun per tanggal 1 September 2020.
  6. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS sampai dengan pengangkatan PNS.
  7. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain.
  8. Bersedia mematuhi peraturan Politeknik Statistika STIS.
  9. Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID) bagi yang dinyatakan lulus seleksi dan akan mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS.
  10. Setelah lulus pendidikan di Politeknik Statistika STIS, bersedia ditempatkan di Badan Pusat Statistik (BPS)/Kementerian/Lembaga/Instansi lainnya sesuai penempatannya di seluruh wilayah Indonesia sampai tingkat Kabupaten/Kota.

Baca juga: Strategi Tentukan Prodi Pertama dan Kedua di SBMPTN 2020

Persyaratan Khusus untuk Program Diploma III:

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X