Kompas.com - 06/06/2020, 22:29 WIB
Tangkapan Layar Program Belajar dari Rumah TVRI DOK/TVRITangkapan Layar Program Belajar dari Rumah TVRI

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah di TVRI hadir kembali dengan tayangan Cerita Sabtu Pagi Anak Seribu Pulau dengan Episode “ Solo” pada 6 Juni 2020.

Belajar dari Rumah adalah program Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) memberikan alternatif pendidikan bagi semua kalangan di masa darurat Covid-19.

Berikut adalah cerita “Anak Seribu Pulau Episode: Solo” yang tayang pada pukul 08.00 -08.30 WIB pada Sabtu 6 Juni 2020.

Diceritakan anak bernama Eni, tinggal di Pilang. Desanya dilintasi sungai Bengawan Solo yang terkenal. Eni pernah mendengarkan lagu "Bengawan Solo" di Radio.

Ibunya cerita kalau sungai ini melewati Kota Solo yang dikenal dengan Keraton, Pasar Klewer, Kebun Binatang dan Pasar Malam Semarak.

Kata Ibu, Eni pernah dibawa ke Solo melihat Pasar Malam Sekatenan. Umurnya baru dua tahun waktu itu sehingga Eni tidak ingat apapun.

Baca juga: Cerita Sabtu Pagi Anak Seribu Pulau: Timor Timur”, Belajar dari TVRI 23 Mei 2020

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sehabis belajar, terkadang Eni masih suka membatik sampai akhirnya mengantuk. Ibu menegurnya untuk cepat pergi tidur. “Besok telat masuk sekolah,” kata Ibu.

Eni membatik sejak umur lima tahun, Ibunya yang pertama kali mengajari Eni membatik. Bapak Eni tidak bisa membatik. Bapaknya berjualan semangka di Masaran.

Eni punya adik masih bayi. Eni buatkan kupu-kupu cetakan dari kertas dan cat air untuk menggodanya. Untuk Eni, membatik seperti membuat taman bunga untuk kupu-kupu.

Eni biasa naik sepeda ke mana-mana. Kalau berangkat sekolah bersama Tri Wahyuni dan Sri. Eni senang memperhatikan kupu-kupu hijau yang beterbangan di atas pematang sawah. Indah sekali.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.