Ini Universitas Swasta Terbaik Indonesia Versi 4ICU

Kompas.com - 03/06/2020, 13:07 WIB
Tangkapan layar laman 4ICU, universitas terbaik Indonesia 2020. DOK.Laman 4ICUTangkapan layar laman 4ICU, universitas terbaik Indonesia 2020.
|

KOMPAS.com - Baru-baru ini, lembaga pemeringkatan internasional, UniRank merilis "Top Universities in Indonesia 2020 Indonesian University Ranking".

Melalui laman 4 International Colleges & Universities (4ICU), UniRank merilis daftar 573 kampus terbaik di Indonesia pada 2020.

Dari daftar itu, peringkat 1-10 diduduki perguruan tinggi negeri (PTN). Bahkan masih banyak kampus negeri peringkatnya di bawah itu.

Namun yang menjadi kebanggaan, ada salah satu kampus atau perguruan tinggi swasta (PTS) yang berhasil duduk di peringkat 11, yakni Universitas Muhammadiyah Surakarta ( UMS).

Baca juga: Ini 50 Universitas Terbaik Indonesia 2020 Versi 4ICU

Sehingga, UMS menjadi PTS terbaik di Indonesia 2020 versi 4ICU. Ini sesuai peringkat yang dirilis 4icu.org tersebut.

Jika UMS berada di urutan 11, maka di bawahnya juga masih banyak perguruan tinggi negeri terkemuka di Indonesia.

"UniRank memeringkat 573 perguruan tinggi terbaik di Indonesia, dan UMS masuk 11 besar bersama PTN berpengaruh di tanah air," ujar Rektor UMS Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si, dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (3/6/2020).

Namun, menurut Prof Sofyan, untuk perguruan tinggi swasta, UMS menjadi PTS terbaik di Indonesia. Ini menjadi pencapaian terbaik bagi UMS.

Pernah dinobatkan kampus Islam populer dunia

Menurut dia, tahun 2019 dalam versi UniRank, UMS juga menjadi perguruan tinggi swasta terbaik. UniRank juga pernah menobatkan UMS sebagai perguruan tinggi Islam paling populer nomer 5 di dunia.

Adapun kriteria penilaian dari UniRank atau 4icu.org yaitu:

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X