Pilih Jurusan Kuliah harus Perhatikan 3 Aspek Ini

Kompas.com - 03/06/2020, 11:14 WIB
Ilustrasi mahasiswa Dok. PixabayIlustrasi mahasiswa
|

KOMPAS.com - Memilih jurusan kuliah tak bisa sembarangan. Bagi calon mahasiswa baru tentu hal ini menjadi penting karena dapat berdampak pada masa depan mahasiswa itu sendiri.

Tetapi, memilih jurusan kuliah tak sekedar melihat dari dari tingginya passing grade atau peminat dari suatu jurusan, tapi ada faktor lain yang harus dipahami oleh calon mahasiswa.

Terlebih yang ingin masuk ke kampus negeri, maka harus dipertimbangkan dengan matang. Jurusan atau program studi (prodi) apa dan kampus mana yang akan diambil.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Ini Alur Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020

Melansir laman resmi Universitas Negeri Surabaya ( Unesa), Minggu (31/5/2020), Unesa membagikan 3 tips jitu memilih jurusan kuliah.

Menurut Arie Khusumadewi, M.Pd, dosen Bimbingan Konseling Unesa, memilih jurusan harus melihat dari 3 aspek yang disingkat menjadi KPK, yakni:

1. K, Kemampuan

2. P, Passion (minat)

3. K, Kebutuhan pasar

"Memilih jurusan bukan dilihat dari tingginya passing grade atau peminat ke jurusan tersebut, melainkan pertama yang harus dilihat ialah kemampuan diri sendiri," ujarnya.

Ketika sudah mengetahui kemampuan, menurut Arie, tinggal mengasah minat karena minat mudah diubah.

Arie menjelaskan, setiap mahasiswa yang kuliah nanti tujuan akhirnya ialah untuk bekerja.

Oleh karena itu, mahasiswa harus tahu kebutuhan pasar yang dibutuhkan. Sehingga, saat lulus kuliah dapat dengan mudah mendapat pekerjaan.

Baca juga: Ini Poin Penting Persiapan Kuliah di Masa Pandemi Corona

"Agar mendapat jurusan yang tepat, maka harus tenang dalam memilih. Mental juga harus tenang," katanya.


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X