Kompas.com - 30/05/2020, 10:58 WIB
Tangkapan layar Instagram Ditjen Dikdasmen Kemendikbud. DOK.Instagram Ditjen DikdasmenTangkapan layar Instagram Ditjen Dikdasmen Kemendikbud.
|

KOMPAS.com - Bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang bersekolah di luar negeri dan ingin melanjutkan pendidikan di Indonesia tidak serta merta langsung bisa mendaftar.

Tapi semua ada prosedurnya. Apa saja itu? Ternyata, siswa atau anak WNI yang tadinya sekolah di luar negeri dan ingin sekolah di Indonesia harus melalui tahapan penyaluran siswa.

Melansir akun resmi Instagram Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Ditjen Dikdasmen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, Jumat (29/5/2020), berikut ini dijelaskan cara mengajukan penyaluran siswa.

Baca juga: Seperti Ini Lho, Rancangan Penelitian bagi Siswa SLTA

Jika Anda ingin melakukan Penyaluran Siswa bisa mengajukan permohonan secara daring di laman www.e-layanan.dikdasmen.kemdikbud.go.id

Layanan ini bagi WNI yang akan melanjutkan pendidikan jenjang SD, SMP, dan SMA di Indonesia.

Karena sistem pendidikan di luar negeri berbeda dengan sistem pendidikan di Indonesia, maka mutasi tersebut perlu dilakukan penyesuaian.

Tentu layanan ini berupa rekomendasi yang ditujukan kepada Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota yang dituju.

Terlebih dengan adanya Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020 yang bakal diadakan taka lama lagi, maka penyaluran siswa harus dilakukan.

Penyaluran siswa

1. Daftar akun di laman www.e-layanan.dikdasmen.kemdikbud.go.id

2. Login akun

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.