Rangkuman “Film Edukasi Episode: Dekgam” Belajar dari TVRI

Kompas.com - 29/05/2020, 23:26 WIB
Tangkapan layar Program Belajar dari Rumah TVRI DOK/TVRITangkapan layar Program Belajar dari Rumah TVRI

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah di TVRI hadir kembali dengan tayangan Film Edukasi “Dekgam”, yang tayang pada pukul 09.30 - 10.00 WIB untuk SD kelas 4-6 pada 29 Mei 2020.

Belajar dari Rumah adalah Program Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) memberikan alternatif pendidikan bagi semua kalangan di masa darurat Covid-19.

Berikut adalah rangkuman cerita tayangan Film Edukasi “Dekgam”

Dekgam seorang anak lelaki Aceh mengurus ayahnya yang sedang sakit mulai dari membuatkan makanan sampai memandikan.

Setelah itu ia pergi kuliah. Di kampus dia mendapat telepon dari Yahcek menanyakan surat tanah yang ayahnya gadaikan.

Tanah warisan itu digadai ke bank untuk mendirikan pabrik bata, padahal sudah diingatkan untuk menebusnya sewaktu kakek masih hidup. Yahcek kemudian meminta Dekgam untuk menebus surat itu.

Di pabrik bata Dekgam beristirahat untuk menikmati kopi, kemudian datang Bang Din pekerja yang meminta upah karena sudah enam bulan upahnya tidak dibayar.

Bang Din juga mengatakan tidak enak karena kondisi pabrik sepi, tetapi karena istrinya sedang hamil makanya ia membutuhkan uang. Kemudian Dekgam mengatakan nanti akan urus permintaan Bang Din.

Di rumah Dekgam ditelepon Tehcut menanyakan kabar ayahnya. Dekgam mengatakan belum menebus suratnya. Pemasukan sekarang hanya cukup membayar bunga saja, karena bata sekarang sulit laku.

Tehcut mengatakan kalau dirinya tidak menanyakan masalah surat dan mengatakan jangan terlalu mendengar omongan Yahcek.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X