Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/05/2020, 16:07 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membuat banyak guru honorer tak lagi aktif mengajar dan mengalami kendala ekonomi dalam pemenuhan kebutuhan hidup.

Menurut survei, sekitar 47,2 persen dari sekitar 3.100 guru honorer kini sudah tidak lagi aktif mengajar selama pandemi Covid-19 melanda negeri.

Survei bertajuk dampak Covid-19 terhadap kehidupan guru honorer di seluruh Indonesia tersebut dilakukan platform pinjaman dana pendidikan Pintek bersama dengan Ikatan Guru Indonesia (IGI).

Baca juga: Cerita Guru Kiswanto Mengajar Jarak Jauh Murid SD Tanpa Internet

Survei juga menunjukkan bahwa penghasilan guru honorer rata-rata sekitar Rp 1,1 juta per bulan. Sehingga, tak sedikit guru honorer menghadapi kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pokok, seperti membeli bahan pangan dan kebutuhan sehari-hari lainnya.

Beberapa guru honorer mengalami kondisi ini akibat keterlambatan pembayaran gaji maupun pengurangan honor.

Selain itu, guru-guru juga mengalami kendala kesulitan dalam mengajar secara daring, dan juga kesulitan membeli kuota internet yang menjadi modal utama pembelajaran jarak jauh.

Peduli dengan kondisi ini, melalui program galang dana Pintek berkolaborasi bersama Ikatan Guru Indonesia (IGI) membantu distribusi donasi berupa kebutuhan pokok sembako kepada guru honorer.

Sesuai dengan rencana awal, IGI akan mendistribusikan donasi kepada guru honorer yang ada di kawasan Banten dan Jakarta.

Baca juga: KIP Kuliah Jalur SBMPN dan SBMPTN 2020 Dibuka, Ini Alur Pendaftaran

Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia (IGI) Muhammad Ramli Rahim berharap bantuan ini dapat meringankan beban yang dihadapi oleh guru-guru honorer.

"Seperti yang kita tahu, guru honorer masih jauh dari kata sejahtera dan masih menghadapi tantangan-tantangan mengenai statusnya. Terlebih lagi saat ini kita berada pada situasi sulit, guru honorer yang terdampak sangat membutuhkan bantuan kita,” papar Ramli.

Co-Founder dan Direktur Utama Pintek Tommy Yuwono menambahkan, Industri pendidikan adalah salah satu yang terpengaruh oleh dampak Covid-19.

"Melalui kesempatan ini, kami ingin menyampaikan apresiasi kami terhadap guru, terutama guru honorer, yang sudah berkontribusi dan berjasa terhadap pendidikan di Indonesia," ujar Tommy dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (27/5/2020), 

Bantuan ini, lanjutnya, diharapkan dapat menumbuhkan semangat guru honorer dalam menjalankan hari-hari di tengah situasi yang penuh tantangan.

"Aktivitas ini juga kami lakukan sebagai bentuk perayaan hari ulang tahun Pintek yang ke-2. Kami ingin berbagi kepada guru honorer, karena guru merupakan garda depan pada dunia pendidikan,” imbuh Tommy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com