Rangkuman Film Pendek “Umbul-umbul” Belajar dari TVRI 25 Mei 2020

Kompas.com - 25/05/2020, 22:44 WIB
Tangkapan layar Belajar dari Rumah TVRI DOK/TVRITangkapan layar Belajar dari Rumah TVRI

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah di TVRI hadir kembali dengan tayangan Film Pendek “Umbul-umbul” Belajar dari TVRI 25 Mei 2020 yang tayang pada pukul 09.00 - 09.30 WIB.

Belajar dari Rumah adalah Program Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) memberikan alternatif pendidikan bagi semua kalangan di masa darurat Covid-19.

Baca juga: Rangkuman Film Edukasi “4 Sekawan”, Belajar dari TVRI 22 Mei 2020

Berikut adalah rangkuman Film Pendek “Umbul-umbul” Belajar dari TVRI 25 Mei 2020.

Film pendek berkisah tentang dilema seorang penjual poster bergambar pahlawan nasional yang diharuskan memasang bendera dan umbul-umbul oleh desanya dalam rangka Hari Kemerdekaan RI. Padahal, dirinya harus memberi makan keluarga.

Dalam perbincangan Dimin dan Karti di suatu pagi, Karti mengatakan kalau harga beras sekarang mahal sekali, istrinya sedang hamil uang tidak cukup apalagi untuk membayar hutang.

Dimin sang suami mengatakan untuk sabar, kemudian Karti membawakan singkong rebus untuk suaminya berdagang.

Di tempat berdagang ia menjajakan foto para pahlawan. Di rumah sang Istri menyuci baju didatangi seorang menagih cicilan. Karti mengatakan kalau hari ini sedang tidak punya uang sama sekali.

Tukang kredit itu pun marah karena dari kemarin sampai hari ini hutang tidak kunjung dibayar.

Di tempat berdagang sang suami menjelaskan profil poster pahlawan seperti Cut Nyak Dien yang merupakan seorang Pahlawan Nasional dari Aceh yang berani mengusir penjajah Belanda dari Indonesia. Selain itu ada juga Teuku Umar suami Cut Nyak Dien.

Ada juga poster Presiden Soekarno yang melahirkan konsep Negara Pancasila hingga Presiden Joko Widodo saat ini.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X