Kemdikbud: Guru Diimbau Tak Bebani Anak PAUD dan Orangtua dengan Tugas

Kompas.com - 25/05/2020, 15:58 WIB
Ilustrasi PexelsIlustrasi
|

KOMPAS.com - Saat usia PAUD, anak harus mendapatkan pendidikan yang sesuai dengan usianya. Contohnya bermain sambil belajar. Hanya saja, anak PAUD harus lebih dekat dengan orangtua.

Terlebih dalam masa pandemi virus corona, anak PAUD tidak ikut-ikutan pembelajaran daring atau online seperti siswa SD.

Oleh karenanya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemdikbud) meminta guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tidak membebani siswa-siswinya dengan tugas rumah.

Baca juga: Orangtua, Ini Link dan Bahan Ajar Anak PAUD dari Kemendikbud

Sebab, jenjang pendidikan ini orientasinya masih dititikberatkan pada permainan. Bukan mendapatkan tugas sekolah.

Guru tak bebani tugas

Plt Direktur Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan PAUD Kemdikbud, Abdoellah meminta para guru PAUD tidak ikut-ikutan memberikan tugas rumah.

Seperti yang dilakukan para tenaga pendidik di tingkat SD, SMP dan SMA/SMK. Sebab, anak PAUD belum semestinya mengerjakan tugas belajar.

"Kami harapkan jangan sampai ada pembelajaran di rumah, guru PAUD ikut-ikutan memberikan pekerjaan rumah," ujar Abdoellah seperti dikutip dari laman Ruang Guru PAUD Kemdikbud RI, Sabtu (23/5/2020).

Menurut dia, siswa dan siswi di tingkat PAUD tidak seharusnya mendapatkan tugas rumah, meski sekolah diliburkan akibat penyebaran virus corona.

Akan tetapi, anak PAUD harus diberikan waktu sebanyak-banyaknya untuk bermain, namun dengan pengawasan orang tua.

Metode belajar sambil bermain

Dia meminta agar para guru PAUD untuk mengedukasi para orang tua, tentang metode belajar sambil bermain. Diharapkan, para siswa tidak menghabiskan waktunya dengan bermain gadget, seperti telepon pintar.

"Jadi, anak PAUD juga jangan dibebaskan bermain dengan telepon pintar saja," katanya lagi.

Perlu diketahui, proses belajar mengajar di semua jenjang pendidikan di seluruh Tanah Air ditiadakan sementara.

Hal ini untuk mengikuti imbauan pemerintah terkait Sosial Distancing, guna meminimalisir penyebaran virus corona atau Covid-19.

Baca juga: 10 Permainan Sederhana untuk Melatih Motorik Halus Anak PAUD

Hanya saja, para siswa diminta belajar dari rumah, namun tetap dengan pemantauan guru, serta lewat pemanfaatan teknologi komunikasi atau daring.


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X