Pimpin Shalat Id di Rumah, Rektor UNS: Pendidikan Tinggi Harus Siap New Normal

Kompas.com - 24/05/2020, 14:41 WIB
Prof Jamal Wiwoho saat memberikan khotbah shalat Idul Fitri 1441 H di depan garasi rumahnya. DOK.Pribadi Prof JamalProf Jamal Wiwoho saat memberikan khotbah shalat Idul Fitri 1441 H di depan garasi rumahnya.
|

KOMPAS.com - Tahun ini, Hari Raya Idul Fitri terasa berbeda bagi umat Muslim. Sebab, Idul Fitri 1441 H dalam masa pandemi Covid-19.

Pemerintah mengimbau agar shalat id dilaksanakan di rumah masing-masing. Tentu hal ini untuk memutus penyebaran virus corona di Indonesia.

Untuk mengikuti anjuran pemerintah, Rektor Universitas Sebelas Maret ( UNS) Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H, M.Hum., juga melaksanakan shalat id di depan garasi rumah di daerah Sukorejo, Banjasari, Surakarta, Jawa Tengah, Minggu (24/5/2020).

Adapun shalat id dipimpin Prof Jamal dan diikuti 10 orang yang terdiri 6 orang keluarga rektor UNS dan 4 orang keluarga adik rektor yang juga Lurah di Jagalan, Jebres, Surakarta.

Baca juga: Ahli Paru UNS Beri Rekomendasi terkait Gejala Covid-19 Kini Bervariasi

Dalam khotbahnya tersebut, Prof Jamal menguraikan 3 pesan ramadhan yang bisa digunakan sebagai pegangan pasca syawal.

Pesan ramadhan

Ketiga hal tersebut adalah:

1. Pesan moral yang menekankan agar selalu mawas diri pada musuh terbesar umat manusia yakni hawa nafsu yang sejak dulu tidak pernah berdamai.

2. Hikmah Ramadhan saat ini terlukiskan indah justru pada saat detik-detik akhir Ramadhan dan gerbang menuju bulan Syawal.

Dimana ketika umat Islam mengeluarkan zakat fitrah kepada Ashnafuts Tsamaniyah atau 8 kategori kelompok masyarakat yang berhak menerima zakat.

Ini terutama kepada fakir miskin yang diwujudkan bagaimana tali silaturahmi serta semangat untuk berbagi itu semakin nyata terjadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X