Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita “Jalan Sesama” TVRI, Episode: “Bencana Alam” 22 Mei 2020

Kompas.com - 22/05/2020, 15:13 WIB
Irfan Kamil,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah di TVRI hadir kembali dengan tayangan "Jalan Sesama" dengan Episode: “Bencana Alam” untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Tayangan ini bisa disaksikan setiap pagi pada pukul 08.00 WIB.

Belajar dari Rumah adalah program Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan alternatif pendidikan bagi semua kalangan di masa darurat Covid-19.

Jalan Sesama menyuguhkan beragam pembelajaran yang menyenangkan, yang disajikan dengan tokoh utama bernama Putri, Tantan, Momon dan Jabrik.

Baca juga: Cerita “Jalan Sesama” TVRI, Episode: “Tanding di Jalan Sesama”

Anak akan diajak belajar mengenal dasar-dasar huruf dan angka, mendengarkan cerita, bernyanyi dan menari. Melalui berbagai kisah yang mudah dipahami, Penonton diajak mempelajari keterampilan sehari-hari, menjaga lingkungan, perawatan diri dan bersikap mandiri.

Meski ditujukan untuk PAUD, sebenarnya tayangan Jalan Sesama menarik juga disaksikan oleh seluruh anggota keluarga, diadaptasi dari tayangan Sesame Street, Jalan Sesama sarat dengan nilai-nilai lokal.

Berikut adalah rangkuman dari tayangan "Jalan Sesama" Episode: “Bencana Alam” untuk PAUD pada Jumat, 22 Mei 2020.

Banjir

Tantan, Momon dan Putri sedang memperhatikan Pak Bagus dan Dokter Susan yang sedang sibuk, ternyata mereka sedang membereskan rumah karena akan ada tamu yang datang menginap untuk mengungsi karena kebanjiran.

Banjir adalah kejadian alam di mana suatu daerah atau daratan yang biasanya kering menjadi terendam air. Banjir terjadi karena banyak hal seperti hujan yang berlebihan, meluapnya aliran sungai, danau atau lautan.

Kata Dokter Susan banjir juga bisa membuat rumah menjadi kotor dan barang menjadi rusak akibat terendam air

Menjaga air bersih

Menjaga Air bersih sangat penting agar tanaman bisa tumbuh, dengan menjaga air bersih maka tanaman juga bersih. tanaman yang bersih dapat dimakan oleh ikan.

Mengenal huruf "Q"

Dicontohkan Balerina sedang melakukan gerakan dengan memutar dan kakinya membentuk huruf "Q".

Pelangi

Pelangi adalah cahaya beraneka warna saling sejajar yang tampak di langit. Pelangi biasanya bisa dilihat setelah hujan turun atau dapat dilihat di sekitar air terjun yang deras.

Baca juga: Cerita “Jalan Sesama” TVRI, Episode: “Berputar dan Terus Berputar”

Air untuk sehari-hari

Air diperlukan untuk hidup sehari-hari, air berada di sungai, danau dan laut. semua butuh air untuk hidup seperti mencuci tangan, mandi, bersih-bersih, mencuci piring dan mencuci baju.

Bunga yang mekar dan rumput hijau membutuhkan air agar tidak layu, buah dan sayur tumbuh subur karena adanya air. Bermain dan berenang dilakukan dengan air. semua butuh air.

Bantuan

Putri bertemu dengan Mbok Iyem yang sedang membawa pakaian untuk diberikan kepada korban banjir. Bantuan tidak selalu pakaian bisa berupa makan, atau selimut dan alas tidur agar pengungsi tidak kedinginan di tempat ia mengungsi.

Bantuan juga bisa berupa jasa seperti Putri yang membantu mengemaskan barang barang untuk di bagikan kepada korban banjir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com