Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadwal SBMPN 2020, Begini Proses Seleksinya karena Corona

Kompas.com - 22/05/2020, 03:20 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Bagi kamu yang ingin kuliah di politeknik negeri, maka harus segera mempersiapkan diri dengan baik. Sebab, jalur Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) telah dibuka.

Pada 2020 ini, sebanyak 42 politeknik negeri berpartisipasi dalam SBMPN 2020. Politeknik itu tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Untuk kuotanya ialah 40 persen dari 46 ribu kursi yang tersedia bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di kampus politeknik negeri tersebut.

Baca juga: Dibuka, Pendaftaran KIP Kuliah SBMPTN, SBMPN dan Mandiri PTN 2020

Apa itu SBMPN 2020?

Tapi, bagi calon mahasiswa yang belum paham apa itu SBMPN, ini penjelasan yang dirangkum dari akun resmi Instagram Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI, Kamis (21/5/2020).

SBMPN atau Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri merupakan jalur masuk Politeknik Negeri dengan cara tes tulis. Nama SBMPN adalah perubahan nama dari jalur UMPN (Ujian Masuk Politeknik Negeri).

Pergantian nama merupakan hasil diskusi dan keputusan bersama dalam Forum Direktur Politeknik Negeri se-Indonesia yang diadakan di Surabaya pada Desember 2019.

Untuk proses dan tes pendaftaran tetap sama, hanya berganti nama saja.

Jadwal SBMPN 2020

1. Pembukaan pendaftaran

  • 19 Mei 2020

2. Penutupan pendaftaran

  • 25 Juni 2020

3. Pengumuman

  • 4 Juli 2020

Info penting!

Dikarenakan adanya pandemi Covid-19, seleksi SBMPN 2020 tidak menggunakan sistem ujian masuk seperti tahun sebelumnya, tetapi seleksi dilaksanakan melalui seleksi portofolio.

Baca juga: SBMPN 2020 Telah Dibuka, Ini 6 Alasan Politeknik dan Vokasi Jadi Pilihan

Jika kamu tertarik untuk kuliah di politeknik negeri, segera daftarkan dirimu di laman resmi: sbmpn.politeknik.or.id

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com