Sekolah Fatih Putri Aceh, Memaknai Pendidikan Karakter di Tengah Ramadhan dan Pandemi

Kompas.com - 20/05/2020, 18:27 WIB
Pengumpulan dan pemberian donasi berupa 350 paket sembako dan 500 paket iftar dari para siswa, orang tua, guru dan alumni Teuku Nyak Arif Fatih Putri Bilingual School kepada masyarakat terdampak Covid-19 bekerja sama dengan Pemda Kota Banda Aceh. DOK. FATIH PUTRI BILINGUALPengumpulan dan pemberian donasi berupa 350 paket sembako dan 500 paket iftar dari para siswa, orang tua, guru dan alumni Teuku Nyak Arif Fatih Putri Bilingual School kepada masyarakat terdampak Covid-19 bekerja sama dengan Pemda Kota Banda Aceh.

KOMPAS.com - Menjalani masa Ramadhan di tengah masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) pastinya menjadi tantangan sendiri bagi siswa, orangtua dan guru yang menjalankan pembelajaran dari rumah.

Selain pendidikan akademis, pengembangan pendidikan karakter anak juga menjadi isu penting bagi sekolah dan keluarga.

Hal ini pastinya juga dialami bagian paling barat gugus kepulauan Indonesia, Kota Banda Aceh bebas dari dampak Covid-19. Hal ini tentu memberi warna tersendiri terhadap masyarakat yang sangat kental menerapkan budaya dan nuansa Islam di kota Serambi Mekah.

“Bulan Ramadhan yang biasanya penuh dengan suka-cita dan syarat nuansa lokal Aceh ini harus disikapi berbeda tanpa mengurangi esensi dari nilai Puasa itu sendiri," ujar Mustafa Cakallioglu General Manager Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School.

Manajemen belajar berbasis daring

 

Sekolah Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School yang berada di jantung kota Banda Aceh pun memiliki kiat tersendiri. Sejak pertengah Bulan Maret 2020, sekolah ini sudah mulai menerapkan sistem pembelajaran daring bagi seluruh siswa-siswinya.

Baca juga: Sekolah Semesta Tawarkan Beasiswa 2020 Masuk SMP/SMA, Ini Infonya

"Di tengah situasi ini, Sekolah Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School tetap menjalankan pelayanan pendidikan kepada para siswa juga orangtua atau wali murid," tegas Mustafa.

Ia menambahkan, pihaknya telah mempersiapkan rangkaian program Fatih e-Learning yang dapat diikuti peserta didik dari mana pun melalui gawai atau alat apapun secara daring.

"Pemanfaatan teknologi melalui penggunaan platform digital seperti Google Classroom, Zoom, dan Skype menjadi keharusan agar program Fatih e-Learning bisa berjalan dengan baik," jelas Mustafa.

Ia menambahkan, "hal tersebut tidak terlalu sulit karena selama ini Sekolah Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School sudah terbiasa mengenalkan sistem kelas terintegrasi teknologi  atau yang kita sebut dengan Technology Integrated Classroom System."

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X