Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah Fatih Putri Aceh, Memaknai Pendidikan Karakter di Tengah Ramadhan dan Pandemi

Kompas.com - 20/05/2020, 18:27 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Menjalani masa Ramadhan di tengah masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) pastinya menjadi tantangan sendiri bagi siswa, orangtua dan guru yang menjalankan pembelajaran dari rumah.

Selain pendidikan akademis, pengembangan pendidikan karakter anak juga menjadi isu penting bagi sekolah dan keluarga.

Hal ini pastinya juga dialami bagian paling barat gugus kepulauan Indonesia, Kota Banda Aceh bebas dari dampak Covid-19. Hal ini tentu memberi warna tersendiri terhadap masyarakat yang sangat kental menerapkan budaya dan nuansa Islam di kota Serambi Mekah.

“Bulan Ramadhan yang biasanya penuh dengan suka-cita dan syarat nuansa lokal Aceh ini harus disikapi berbeda tanpa mengurangi esensi dari nilai Puasa itu sendiri," ujar Mustafa Cakallioglu General Manager Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School.

Manajemen belajar berbasis daring

 

Sekolah Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School yang berada di jantung kota Banda Aceh pun memiliki kiat tersendiri. Sejak pertengah Bulan Maret 2020, sekolah ini sudah mulai menerapkan sistem pembelajaran daring bagi seluruh siswa-siswinya.

Baca juga: Sekolah Semesta Tawarkan Beasiswa 2020 Masuk SMP/SMA, Ini Infonya

"Di tengah situasi ini, Sekolah Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School tetap menjalankan pelayanan pendidikan kepada para siswa juga orangtua atau wali murid," tegas Mustafa.

Ia menambahkan, pihaknya telah mempersiapkan rangkaian program Fatih e-Learning yang dapat diikuti peserta didik dari mana pun melalui gawai atau alat apapun secara daring.

"Pemanfaatan teknologi melalui penggunaan platform digital seperti Google Classroom, Zoom, dan Skype menjadi keharusan agar program Fatih e-Learning bisa berjalan dengan baik," jelas Mustafa.

Ia menambahkan, "hal tersebut tidak terlalu sulit karena selama ini Sekolah Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School sudah terbiasa mengenalkan sistem kelas terintegrasi teknologi  atau yang kita sebut dengan Technology Integrated Classroom System."

Tidak hanya akademik, sekolah juga memberikan perhatian khusus dalam pengembangan kemampuan siswa dalam seni melalui program Penampilan Nasyid.

Jiwa seni siswa tetap diperhatikan di masa pandemi melalui jalur seni suara. Para siswa diberikan porsi yang cukup untuk tetap mengasah kemampuan seni mereka di rumah dan menampilkannya melalui penampilan nasyid secara daring.

Tidak hanya pendampingan terhadap siswa, sekolah juga memandang penting untuk melakukan pendampingan terhadap orangtua melalui program Learning by Sharing.

Mustafa menjelaskan, "Sekolah Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School meyakini pendidikan akan tegak berdiri jika tri sentra pendidikan bisa saling bekerja sama harmonis antar sekolah, siswa dan orang tua."

"Seminar daring yang diadakan bertujuan untuk mendukung orangtua siswa dalam menghadapi masa pandemi di mana siswa menghabiskan waktu lebih lama di rumah bersama orangtua jika dibandingkan waktu-waktu sebelumnya," Mustafa menerangkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com