"Si Kumbi Anak Jujur Episode: Tamu Masa Depan”, Belajar dari TVRI 19 Mei 2020

Kompas.com - 19/05/2020, 19:38 WIB
Tangkapan layar Belajar dari Rumah TVRI DOK/TVRITangkapan layar Belajar dari Rumah TVRI

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah di TVRI hadir kembali dengan tayangan Serial Cerita Anak, SI KUMBI ANAK JUJUR dengan Episode: “Tamu Masa Depan” yang tayang pada pukul 08.30 - 09.00 WIB untuk SD Kelas 1 – 3 pada 19 Mei 2020.

Belajar dari Rumah adalah Program Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) memberikan alternatif pendidikan bagi semua kalangan di masa darurat Covid-19.

Baca juga: Si Kumbi Anak Jujur: Keranjang Untuk Osyi”, Belajar dari TVRI 18 Mei 2020

Carita dalam tayangan kali ini adalah Kumbi dan teman-temannya mengajak penonton selalu jadi orang berani, jujur dan hebat. Berikut rangkuman ceritanya:

Kumbi pergi ke rumah Bimo Beruang yang suka main air. Ia sedang di kebun menyiram tanaman. Namun kebun menjadi banjir karena ia ingin membuat sungai kecil untuk perahunya.

Mamanya mengatakan jangan buang buang air. "Kalau mau main perahu bisa di ember atau di bak mandi," ujar Mama Bimo.

Mama Bimo mengatakan jangan berpesan untuk tidak lupa mematikan keran air kamar mandi dan keran kebun. Saat Mama akan ke pasar, Bimo diminta menjaga rumah baik-baik.

Kumbi pun datang dan Bimo pun menceritakan kepada Kumbi kalau dirinya baru saja dimarahi Mama karena main air dan lupa matikan keran. Bimo berkeluh, "air kan melimpah ada sumur, sungai, danau."

Kemudian Kumbi mengatakan betul kata Mama Bimo bahwa sumber air bermanfaat bagi kita, harus kita kelola dengan baik, dipergunakan secukupnya. "Jangan digunakan untuk hal hal yang tidak berguna dan jangan sampai sumber alam kita terbuang sia-sia," kata Kumbi.

Kumbi kemudian minta air ke Bimo karena dirinya haus. Bimo mengambilkan air untuk Kumbi. Namun sampai di dalam, Bimo melihat cahaya yang berubah menjadi seekor beruang dari luar angkasa.

Beruang itu kemudian mengatakan ia meminta air untuk diminum, dan selesai minum ia mengatakan bahwa dirinya adalah geometri dari tahun 2150 dari masa depan dan sampai di sini melalui mesin waktu karena ingin minum air.

Beruang itu mengatakan di masa depan sulit air dia belum pernah minum air seperti ini. Di masa depan setiap orang hanya berhak mendapatkan 3 kapsul air setiap hari.

Beruang dari masa depan itu juga mengatakan penduduk di zaman Bimo beruntung bisa mendapatkan air sangat melimpah.

Kedatangan cahaya Beruang dari luar angkasa membuat Bimo sadar bahwa tidak boleh membuang-buang air untuk keperluan tidak penting.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X