Kompas.com - 18/05/2020, 20:09 WIB
Tangkapan layar Belajar dari Rumah di TVRI DOK/TVRITangkapan layar Belajar dari Rumah di TVRI

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah di TVRI hadir kembali dengan tayangan ACF Fest, Episode: “Subur itu Jujur” yang tayang pada pukul 09.00 - 09.30 WIB untuk SD Kelas 4 – 6 pada 18 Mei 2020.

Belajar dari Rumah adalah Program Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan alternatif pendidikan bagi semua kalangan di masa darurat Covid-19.

Baca juga: Si Kumbi Anak Jujur: Keranjang Untuk Osyi”, Belajar dari TVRI 18 Mei 2020

Berikut adalah rangkuman cerita ACF Fest, Episode: “Subur Itu Jujur”

Subur adalah siswa kelas 6 SD berbadan gemuk, hari ini ada ujuan mata pelajaran olahraga di sekolahnya yaitu lari jarak jauh keliling dusun di sekitar sekolah, berbagai godaan menghampiri Subur ketika sedang mengikuti ujian lari.

Sementara ayanhya Subur adalah seorang ketua RT dan melayani berbagai permasalahan warga disekitarnya tanpa pamrih. Ayahnya selalu mengajarkan Subur bahwa tugasnya adalah belajar, patuh nasehat Bapak dan Ibu Guru, dan yang penting: tidak boleh berbohong.

Di sekolah, Pak Guru mengatakan bahwa hari ini adalah ujian kesehatan jasmani dan akan berlari mengitari desa.

Pak Guru mengingatkan peraturan yaitu tidak boleh mampir dan tidak boleh melalui jalan pintas dan para murid pun bersiap berlari.

Pada pertengahan jalan, teman-teman Subur terlihat asyik bermain ponsel. Subur pun mengabaikannya, ia melanjutkan berlari. Berbagai godaan pun menghampiri Subur untuk sampai lebih cepat di sekolah.

Meskipun merasa kelelahan, Subur tetap mengabaikannya dan memilih mengikuti aturan yang berlaku.

Selang beberapa waktu, teman-teman Subur sudah di sekolah dan Subur sampai di sekolah paling akhir.

Kemudian, Pak Guru mengumumkan nilainya. Teman-teman Subur mendapat angka rendah, sedangkan Subur paling tinggi.

Ternyata, Pak Guru telah mengetahui perbuatan curang murid-murid ketika ujian lari berlangsung.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X