Kompas.com - 14/05/2020, 22:30 WIB

KOMPAS.com - Dalam masa PSBB (Pembatasa Sosial Berskala Besar), intensitas pertemuan orangtua dan anak semakin tinggi karena kegiatan bekerja dan juga belajar banyak dilakukan dari rumah.

Meski pertemuan antara orang tua dan anak semakin tinggi, namun memasuki hampir 2 bulan masa karantina ini menimbulkan sisi lain yang perlu juga diperhatikan: tingkat stres yang semakin tinggi.

Hal ini dapat terjadi karena berbagai faktor; beban sekolah dan pekerjaan yang semakin tinggi, kebosanan, salah paham dan beragam faktor lain.

Tentunya, hal ini dapat mengganggu produktivitas anak dalam melakukan pembelajaran dari rumah dan juga pekerjaan orangtua selama masa WFH (work from home).

Salah satu upaya untuk meredakan ketegangan ini dapat dilakukan dengan midfulness.

Praktik mindfulness dipercaya bisa membuat kita lebih bahagia, bahkan mampu menyembuhkan kemarahan.

Baca juga: Beradaptasi Normal Baru Pendidikan ala Sekolah Pribadi Bandung

 

Manfaat belajar mindfulness ternyata juga akan dirasakan orang di sekitar kita. Secara sederhana, mindfulness berarti menghayati apa yang sedang kita lakukan. Kita juga belajar untuk mengistirahatkan pikiran sehingga fokus mengamati yang terjadi.

Hal ini bisa kita capai jika kita melakukan meditasi dan hening.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas.com (@kompascom) on May 14, 2020 at 7:43am PDT

 

Dalam pekan parenting kali ini, Kompas.com bersama dengan Global Sevilla School mengankat tema "Anti Stres Belajar di Rumah dengan Mindfulness" yang akan digelar, Jumat, 15 Mei 2020, pukul 11.00 WIB.

Narasumber live streaming Instagram @Kompas.com akan menghadirkan Alva Paramita, konselor Global Sevilla School yang juga merupakan praktisi mindfulness.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.