Kompas.com - 13/05/2020, 16:33 WIB

KOMPAS.com – Program Belajar dari Rumah di TVRI hadir kembali dengan tayangan Membaca itu Asyik! yang tayang pada pukul 09.30 – 10.00 WIB untuk SMP dan Sederajat pada 13 Mei 2020.

Belajar dari Rumah adalah Program Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan alternatif pendidikan bagi semua kalangan di masa darurat Covid-19.

Baca juga: Volume dan Luas Bangun Ruang Sisi Datar, Belajar di TVRI 12 Mei 2020

Berikut soal dan jawaban Belajar dari Rumah di TVRI untuk kelas SMP dan Sederajat hari Rabu 13 Mei 2020.

Soal 1

Dari kisah Mohammad Hatta, apa manfaat membaca buku yang masih relevan dengan kehidupanmu saat ini?

Jawaban:

Manfaat membaca buku masih sangat relevan dengan kehidupan kita saat ini karena 
dapat menambah ilmu dan wawasan dengan membaca kita dapat melatih Ketrampilan untuk berfikir dan menganalisa selain itu dapat membantu kita untuk terhubung tengan dunia luar.

Soal 2

Berikan pendapatmu bagaimana meningkatkan kegemaran membaca buku di tengah banyaknya masyarakat yang menghabiskan waktunya untuk sekadar bermain media sosial dalam gawai.

Jawaban:

Untuk meningkatkan kegemaran membaca buku yaitu dengan membuka perpustakaan keliling gratis dan membuat event-event pameran buku murah, memperbanyak perlombaan membuat tulisan seperti novel, cerpen, dan buku lainnya.

Soal 3

Apa dampak negatif jika banyak generasi muda Indonesia yang tidak suka membaca buku?

Jawaban:

Dampak negatif generasi muda Indonesia bila tidak suka membaca adalah generasi muda akan kesulitan saat ia bekerja karena pengetahuan yang minim salain itu generasi muda juga lebih cuek dan apatis pada lingkungan sekitar karena sibuk dengan media sosial dalam gawainya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.