Kompas.com - 12/05/2020, 19:57 WIB

KOMPAS.com – Peran guru dalam proses pembelajaran tidak dapat tergantikan oleh apapun, termasuk teknologi.

"Teknologi adalah alat bantu guru meningkatkan potensi mereka dan mencari guru-guru penggerak terbaik serta memastikan mereka bisa menjadi pemimpin-pemimpin pembelajaran dalam sekolah-sekolah di seluruh Indonesia," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim.

Selain itu pula, kurikulum yang mudah dipahami dan lebih fleksibel juga menjadi salah satu hal yang diperlukan untuk mendukung implementasi Merdeka Belajar.

"Esensi Merdeka Belajar adalah menggali potensi terbesar para guru-guru sekolah dan murid kita untuk berinovasi dan meningkatkan kualitas pembelajaran secara mandiri. Mandiri bukan hanya mengikuti proses birokrasi pendidikan, tetapi benar-benar inovasi pendidikan,” ujarnya.

Baca juga: Mendikbud Nadiem Makarim: Pendidikan Milik Masyarakat, Bukan Hanya Pemerintah

Nadiem menjelaskan, keberagaman pendekatan yang ada menghasilkan berbagai macam teknik dan inovasi di setiap daerah, sekolah, dan siswa.

Merdeka Belajar tidak akan mungkin bisa berhasil tanpa dukungan teknologi.

Sejalan dengan pemerintah, WeKiddo mendukung para guru dan siswa memanfaatkan teknologi yaitu smartphone dalam proses pembelajaran.

CEO WeKiddo, Ferry Irawan, mengatakan aplikasi tersebut merupakan media mendukung kegiatan belajar mengajar yang mudah dan efisien di tengah pandemi Covid-19.

"Guru dapat dengan mudah menggunakan WeKiddo karena memang mudah untuk digunakan. Kami sematkan pula cara penggunaan aplikasi dengan tutorial,” kata Ferry dalam pernyataan tertulis, Selasa (12/5/2020).

Baca juga: Cegah Penyebaran Corona, WeKiddo Siap Dukung Ujian Sekolah Online

Ia melanjutkan, WeKiddo bertujuan membantu sekolah dan siswa agar tetap bisa menjalani kegiatan belajar mengajar secara online.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.