Kompas.com - 12/05/2020, 13:11 WIB
Tangkapan layar kanal Youtube Universitas Trisakti pada peringatan 22 Tahun Tragedi Trisakti 12 Mei 1998. DOK.Youtube Universitas TrisaktiTangkapan layar kanal Youtube Universitas Trisakti pada peringatan 22 Tahun Tragedi Trisakti 12 Mei 1998.

KOMPAS.com - Peristiwa 12 Mei 1998 menjadi momentum bersejarah bangsa Indonesia khususnya bagi mahasiswa.

Di awali krisis moneter bulan Juli 1997, kemudian berkembang menjadi krisis ekonomi dan politik. Krisis tersebut berimbas kepada munculnya tuntutan Reformasi di segala bidang.

Saat itu mahasiswa menjadi garda terdepan yang mendesak adanya Reformasi di Indonesia.

Para mahasiswa di seluruh Indonesia kemudian melakukan berbagai aksi demonstrasi kepada pemerintahan saat itu, termasuk mahasiswa Universitas Trisakti juga turut andil dalam menyampaikan tuntutannya kepada pemerintahan

Baca juga: Universitas Trisakti Gelar Upacara Peringatan Tragedi 12 Mei, Ini Pesan Rektor

Kronologi peristiwa

Rektor Universitas Trisakti Prof. Ghufron Mukti menceritakan kronologi aksi mahasiswa Usakti diawali pada tanggal 23 Maret 1998 hingga akhirnya mencapai puncaknya pada tanggal 12 Mei 1998:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Pukul 10.00 pagi, tanggal 12 Mei 1998, ribuan personil yang terdiri dari mahasiswa, dosen dan karyawan memadati area parkir di depan gedung M (Gedung Syarif Thayeb), untuk mengikuti aksi mimbar bebas yang diisi orasi oleh dosen, mahasiswa dan alumni.

2. Sekitar pukul 13.00 Aksi Damai dilanjutkan dengan long march menuju ke gedung DPR/MPR. Aksi massa terhenti di depan kantor Walikota Jakarta Barat dikarenakan adanya aparat keamanan yang menghadang.

4. Aksi massa diminta untuk tidak melanjutkan perjalanan ke gedung DPR/MPR. Terjadi negosiasi antara perwakilan aksi massa dengan aparat keamanan. Saat negosiasi berlangsung, peserta aksi massa yang lain melakukan aksi mimbar bebas.

3. Setelah negosiasi alot, sekitar pukul 17.00 secara berangsur-angsur para peserta aksi mulai membubarkan diri kembali menuju kampus dengan tertib.

? Saat mahasiswa sedang memasuki area kampus, tiba-tiba terdengar suara tembakan dari arah belakang mahasiswa. Para peserta aksi berhamburan berlari menyelamatkan diri dan menyebabkan beberapa orang terluka baik mahasiswa maupun masyarakat umum dan suasana menjadi chaos

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.