Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Live IG Kompas.com, Rhenald Kasali: Transformasi di Tengah Praha Wabah Corona

Kompas.com - 12/05/2020, 11:22 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Akademisi dan praktisi bisnis Prof. Rhenald Kasali mengatakan banyak negara tidak siap dan gagap dalam menghadapi wabah virus corona (Covid-19), termasuk Indonesia.

Guru Besar Ilmu Manajemen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (UI) ini juga mengatakan, sekitar 30 outbreak dari 12.000 krisis mesti diwaspadai tiap tahun dengan 7.000 kasus potensial tiap bulan.

Dalam satu penjelasannya, 80 persen bangsa-bangsa tidak siap menghadapi pandemi, tidak siap menghadapi virus. Sebanyak 80 persen bangsa tidak siap, wajar kalau Indonesia tidak siap seperti ini," kata Rhenald dalam konferensi video, Selasa (24/3/2020).

Kendati demikian, sebuah bangsa tidak bisa terus-menerus menyatakan ketidaksiapannya menghadapi virus. Adanya fenomena virus corona diharapkan mampu menjadi pelajaran bagi semua pihak.

"Saya tidak bisa mengatakan, kita tidak siap terus. Ini menjadi suatu pelajaran bagi kita, bagaimana kita keluar dari persoalan seperti ini, karena ini akan jadi biasa," ungkap Rhenald.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas.com (@kompascom) on May 11, 2020 at 6:42am PDT

 

Terkait hal itu, Kompas.com menghadirkan Prof. Rhenald Kasali yang juga pengagas "Rumah Perubahan" untuk membahas tema ini melalui live streaming Instagram @Kompas.com.

Kompas.com bersama dengan Prof. Rhenald Kasali akan mengangkat tema "Tranformasi di Tengah Praha Wabah" mulai pukul 16.00 WIB.

Rumah Perubahan didirikan oleh Prof. Rhenald Kasali yang terpanggil untuk melakukan perubahan nyata dengan memperbarui kesejahteraan masyarakat.

Berbeda dengan dunia akademis yang serba teoritis dan paper based, ia menginginkan perubahan nyata yang konkret dan praktis.

Rumah Perubahan dikelola secara mandiri dan efisien. Untuk membiayai perubahan yang dilakukannya, Rumah Perubahan memberikan jasa pelatihan dan konsultasi manajemen perubahan.

Pelatihan mengenai transformasi (corporate & people transformation), corporate strategy, dan segala hal yang terkait manajemen. Selain itu Rumah Perubahan juga mengelola dana-dana sponsor CSR untuk perubahan.

Selain menghadirkan seri live streaming parenting, KG Media juga menghadirkan beragam artikel agar keluarga Indonesia tetap teredukasi dari rumah melalui laman www.terhubungdarirumah.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com