Begini Kinerja Crane Salah Satu Pemenang "Covid-19 INA IDEAthon" Kemenristek

Kompas.com - 08/05/2020, 18:24 WIB
Tangkapan layar crane inovasi salah satu pemenang pada Covid-19 INA IDEAthon gelaran Kemenristek/BRIN. DOK.KemenristekTangkapan layar crane inovasi salah satu pemenang pada Covid-19 INA IDEAthon gelaran Kemenristek/BRIN.
|

KOMPAS.com - Kementerian Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek-BRIN) baru saja mengumumkan 17 nama pemenang yang menerima penghargaan ide-ide terbaik " Covid-19 INA IDEAthon".

Adapun nama-nama pemenang diumumkan langsung oleh Menristek-BRIN Prof. Bambang Brodjonegoro melalui Video Conference Zoom, Jumat (8/5/2020) siang.

Menurut Prf. Bambang, diadakannya IDEAthon ini untuk menjawab kebutuhan dari penanganan Covid-19 mengenai pencegahan, skrining dan diagnosis.

Baca juga: Ini 17 Pemenang Covid-19 INA IDEAthon yang Diumumkan Menristek

IDEAthon sendiri untuk menjaring ide dari kelompok masyarakat atau individu dari berbagai bidang. Tidak hanya untuk kesehatan saja, tetapi juga menyasar berbagai bidang.

Nantinya, para pemenang bisa mewujudkan ide dan gagasannya dengan dana dari Kemenristek. Setelah jadi, hasilnya diharapkan bisa digunakan oleh masyarakat.

"Untuk besaran dananya maksimal Rp 2 miliar. Kami rasa lebih dari cukup dana itu bisa digunakan dalam waktu 5 bulan untuk merealisasikan ide jadi konkrit," terang Prof. Bambang.

Crane bantu turunkan peti jenazah

Dari 17 nama itu, ada salah satu pemenang dengan karya unik dan inovatif. Namanya Dr. Tri Arief Sardjono ST., MT dari Institut Teknologi Telkom Surabaya.

Saat bergabung dalam Video Conference Zoom itu, Tri Arief menjelaskan nama ide yang diikutikan pada Covid-19 INA IDEAthon. Namanya ialah Crane Pemulasaraan Jenazah Covid-19.

Menurut dia, alat ini untuk membantu kebutuhan petugas pemulasaraan agar kerjanya tidak terlalu berat. Karena itu dia membuat crane dan stretcher yang bisa masuk ambulan.

"Semua dilakukan secara elektrik, yakni untuk mengangkat dan menurunkan peti jenazah ke liang lahat secara perlahan," ujarnya.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X