Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selalu Perhatikan Mahasiswa, Kebijakan Undip Sejalan dengan MRPTNI

Kompas.com - 06/05/2020, 19:49 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Menyikapi situasi dan kondisi karena dampak virus corona pada dunia pendidikan tinggi, Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) menerbitkan Siaran Pers nomor 052/SP/MRPTNI/V/2020.

Adapun Siaran Pers disampaikan langsung oleh Prof. Dr. Jamal Wiwoho, SH., M.Hum. selaku Ketua MRPTNI melalui zoom meeting pada, Selasa (5/5/2020).

Melansir laman resmi Universitas Diponegoro (Undip), Rabu (6/5/2020), siaran pers itu isinya berdasarkan perkembangan eskalasi pandemi Covid-19 di Indonesia yang belum dapat diprediksi.

Baca juga: Majelis Rektor PTN: Ini 4 Hal Sikapi Pandemi Corona, UKT Ditunda Asal...

Bahkan belum diketahui kapan berakhirnya dan berdampak pada proses pembelajaran di perguruan tinggi.

Dalam siaran pers itu terdapat 5 hal, yaitu:

1. Bentuk empati

Sebagai bentuk keprihatinan pimpinan perguruan tinggi, maka kemudian dikeluarkan kebijakan untuk membantu kondisi finansial orang tua mahasiswa yang terdampak pandemi Covid-19 dengan:

  • pembebasan sementara
  • pengurangan
  • pergeseran klaster
  • pembayaran mengangsur
  • penundaan pembayaran UKT sesuai dengan memerhatikan aturan yang berlaku

Mengingat dampak pandemi tidak hanya pada mahasiswa, tetapi juga pada dosen dan tenaga kependidikan, maka perlu pula menjaga keberlangsungan operasional PTN.

2. Paket kuota internet meningkat

Bahwa Surat Edaran Mendikbud RI Nomor 3 Tahun 2020 tanggal 3 Maret 2020 tentang pencegahan Covid-19 pada satuan pendidikan mengakibatkan perguruan tinggi melaksanakan perkuliahan secara daring.

Tentu dampaknya pada meningkatnya kebutuhan paket kuota internet bagi mahasiswa dan dosen.

3. Kebutuhan mahasiswa diperhatikan

Bahwa kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) oleh pemerintah, maka menginstruksikan pemimpin perguruan tinggi untuk keselamatan dan terpenuhinya kebutuhan mahasiswa yang masih tinggal bertahan.

4. Semester awal sesuai kalender akademik

Diupayakan jadwal pelaksanaan semester awal 2020-2021 dilaksanakan sesuai kalender akademik untuk menahan naiknya biaya operasional karena penurunan PNBP.

5. Pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2020

Bahwa pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2020 diupayakan sesuai rencana yakni dilaksanakan pada tanggal 12-22 Juli 2020 dengan tetap memperhatikan protokol Covid-19 dan perkembangan eskalasi pandemi Covid-19.

Sejalan dengan 5 hal diatas, Universitas Diponegoro (Undip) juga telah banyak memberikan kebijakan dan bantuan.

Baca juga: Covid-19, Penyesuaian Uang Kuliah Mahasiswa Kampus Negeri Diserahkan ke Rektor

Seperti menjamin kelancaran studi dan terpenuhinya kebutuhan hidup mahasiswa yang bertahan tinggal karena kondisi saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com