Kompas.com - 06/05/2020, 10:13 WIB
Diskusi Publik Akademi Edukreator, Rabu 6 Mei 2020 Dok. Kok BisaDiskusi Publik Akademi Edukreator, Rabu 6 Mei 2020

KOMPAS.com - Media edukasi Kok Bisa resmi meluncurkan Akademi Edukreator guna menginspirasi dan melatih para guru, pembuat konten belajar dan profesional untuk menciptakan video edukasi berkualitas tinggi.

Pasalnya, selama masa pandemi Covid-19, cara belajar para siswa telah mengalami perubahan. Banyak orang yang kini beralih ke internet dan YouTube untuk belajar, hingga mendapatkan hiburan dan informasi.

Menurut data Youtube, rata-rata penayangan harian video dengan kata kunci "homeschool" dalam judul di YouTube meningkat lebih dari 120 persen sejak 13 Maret 2020.

Sejak Januari, penayangan video yang berisi kata kunci “Study With Me" dalam judul juga 50 persen lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Baca juga: Mahasiswa PTN Terdampak Corona Bisa Ajukan Keringanan Uang Kuliah

Artinya, guru dan pembuat konten edukasi perlu segera beradaptasi membuat konten pembelajaran yang menarik dalam bentuk video agar proses belajar lebih efektif sekaligus menyenangkan.

Karena itu, Akademi Edukreator didukung oleh YouTube Learning, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Yayasan Semua Murid Semua Guru, dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, mengajak guru untuk menciptakan konten edukasi berupa video di Youtube.

“Akademi Edukreator memiliki fase untuk menginspirasi, melatih dan mengapresiasi para kreator. Dengan harapan untuk menginspirasi dan menghubungkan sesama pegiat pendidikan," papar Co-founder Kok Bisa Gerald Bastian, dalam konferensi video, Selasa (5/5/2020).

Baca juga: Universitas Pertahanan Buka Pendaftaran S1, Bebas Biaya Kuliah

Nadiem Makarim, Nicholas Saputra, Chelsea Islan jadi pembicara

Siang ini, Rabu 6 Mei 2020, Akademi Edukreator mengadakan seminar daring bertema membangun dunia pendidikan baru di Indonesia yang menghadirkan 24 pembicara yang terbagi dalam 6 sesi.

"Kami akan mengadakan diskusi publik pada tanggal 6 Mei dengan beragam komunitas tentang bagaimana kita dapat bersama membangun dunia pendidikan baru di Indonesia," papar Gerald.

Diskusi tersebut terbuka untuk publik melalui Youtube Kok Bisa, Kemendikbud dan TV Edukasi. Acara akan berlangsung pukul 14.00 - 18.00 WIB.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X