Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akademi Edukreator Buka Kelas Gratis Membuat Konten Edukasi di Youtube

Kompas.com - 06/05/2020, 10:13 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Media edukasi Kok Bisa resmi meluncurkan Akademi Edukreator guna menginspirasi dan melatih para guru, pembuat konten belajar dan profesional untuk menciptakan video edukasi berkualitas tinggi.

Pasalnya, selama masa pandemi Covid-19, cara belajar para siswa telah mengalami perubahan. Banyak orang yang kini beralih ke internet dan YouTube untuk belajar, hingga mendapatkan hiburan dan informasi.

Menurut data Youtube, rata-rata penayangan harian video dengan kata kunci "homeschool" dalam judul di YouTube meningkat lebih dari 120 persen sejak 13 Maret 2020.

Sejak Januari, penayangan video yang berisi kata kunci “Study With Me" dalam judul juga 50 persen lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Baca juga: Mahasiswa PTN Terdampak Corona Bisa Ajukan Keringanan Uang Kuliah

Artinya, guru dan pembuat konten edukasi perlu segera beradaptasi membuat konten pembelajaran yang menarik dalam bentuk video agar proses belajar lebih efektif sekaligus menyenangkan.

Karena itu, Akademi Edukreator didukung oleh YouTube Learning, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Yayasan Semua Murid Semua Guru, dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, mengajak guru untuk menciptakan konten edukasi berupa video di Youtube.

“Akademi Edukreator memiliki fase untuk menginspirasi, melatih dan mengapresiasi para kreator. Dengan harapan untuk menginspirasi dan menghubungkan sesama pegiat pendidikan," papar Co-founder Kok Bisa Gerald Bastian, dalam konferensi video, Selasa (5/5/2020).

Baca juga: Universitas Pertahanan Buka Pendaftaran S1, Bebas Biaya Kuliah

Nadiem Makarim, Nicholas Saputra, Chelsea Islan jadi pembicara

Siang ini, Rabu 6 Mei 2020, Akademi Edukreator mengadakan seminar daring bertema membangun dunia pendidikan baru di Indonesia yang menghadirkan 24 pembicara yang terbagi dalam 6 sesi.

"Kami akan mengadakan diskusi publik pada tanggal 6 Mei dengan beragam komunitas tentang bagaimana kita dapat bersama membangun dunia pendidikan baru di Indonesia," papar Gerald.

Diskusi tersebut terbuka untuk publik melalui Youtube Kok Bisa, Kemendikbud dan TV Edukasi. Acara akan berlangsung pukul 14.00 - 18.00 WIB.

Diskusi pertama pukul 14.00 WIB akan diisi oleh Budi Setyarso dan Nadiem Makarim dengan tema "Membangun Dunia Pendidikan Baru".

Lalu, ada sesi "Belajar Bukan Hanya di Sekolah" pukul 15.25 WIB yang akan diisi oleh Najelaa Shihab, Tri Rismaharini, Pepita Gunawan, Iwan Syahri, dan Maria Harfanti.

Baca juga: Beasiswa S1 di Sekolah Tinggi Hukum, dari Biaya Kuliah hingga Hidup

Sedangkan Sri Mulyani dan Chelsea Islan akan mengisi sesi pukul 16.45 bertema "Belajar Mendobrak Cara Belajar".

Selanjutnya, Akademi Edukreator akan membuka serangkaian kelas pelatihan gratis untuk berbagi ‘know-how’ sebagai edukreator.

Ketentuan pendaftaran kelas dapat dilakukan melalui tautan http://akademiedukreator.com/

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com